Arti Zakat

22.03
pengertian zakat menurut bahasa dan istilah, hukum zakat, syarat dan rukun zakat, pengertian infaq, pengertian zakat fitrah, dasar hukum zakat, jenis jenis zakat, pembagian zakat.

Arti Zakat
pengertian zakat menurut bahasa dan istilah
Arti Zakat - Secara bahasa zakat berarti tumbuh, bersih, berkembang dan berkah. Seorang yang membayar zakat karena keimananya niscaya akan memperoleh kebaikan yang banyak. Alloh berfirman di surah At-Taubah ayat 103, artinya: “Pungutlah zakat dari sebagian kekayaan mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka,” surah Al-Baqoroh 276, artinya: “Alloh memusnahkan riba dan mengembangkan sedekah.” Disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, ada malaikat yang senantiasa berdo’a setiap pagi dan sore.
Artinya: “Ya Alloh berilah orang berinfak gantinya.” Dan berkata yang lain: “Ya Alloh jadikanlah orang yang menahan infak kehancuran.”
Sedangkan menurut terminologi syari’ah zakat berarti kewajiban atas harta atau kewajiban atas sejumlah harta tertentu untuk kelompok tertentu dan dalam waktu tertentu.

Baca juga : tentang zakat
Keterangna definisi : kewajiban atas sejumlah harta tertentu, berarti zakat adalah kewajiban atas harta yang bersifat mengikat dan bukan anjuran. Kewajiban tersebut terkena kepada setiap muslim (baligh atau belum, berakal atau gila) ketika mereka memiliki sejumlah harta yang sudah memenuhi batas nisabnya. Kelompok tertentu adalah mustahiq yang terangkum dalam 8 ashnaf. Waktu untuk mengeluarkan zakat adalah ketika sudah berlalu setahun (haul) untuk zakat emas, perak, perdagangan dan lain-lain, ketika panen untuk hasil tanaman, ketika memperolehnya untuk rikaz dan ketika bulan Ramadhan sampai sebelum shalat ‘Id untuk zakat fitrah.

Baca : yang berhak menerima zakat
             harta yang wajib di zakati
Previous
Next Post »
0 Komentar