Kisah Bilal bin Rabah

09.00

Keteguhan Iman Bilal bin Rabbah

Kisah Bilal bin Rabah . Siapa yang tidak kenal Bilal bin Rabbah. Ia merupakan muadzin pertama yang dimiliki umat Islam. Bilal juga termasuk golongan pertama yang masuk Islam atau tepatnya orang ketujuh yang masuk Islam pertama kali.
Bilal Masuk Islam ketika masih menjadi budak Umayyah. Perbincangan Umayyah dengan tamunya soal kehadiran agama baru yang dibawa Muhammad secara tidak sengaja terdengar oleh Bilal. Meski belum mengenali Muhammad secara pribadi, Bilal telah sering mendengar sosoknya.
Keimanan Bilal langsung diuji setelah bersyahadat. Sebagai budak,
Bilal dipaksa keluar dari Islam dan kembali kepada agama nenek moyangnya yang menyembah berhala. Umayyah memaksa Bilal keluar dari Islam dengan segala cara. Pada siang yang terik, Bilal dipaksa memakai baju besi kemudian dikubur dalam pasir yang sangat panas. Selain itu, dipaksa telentang di atas pasir yang sangat panas dan tubuhnya ditindih oleh batu yang sangat besar dan berat. Di lain waktu, Bilal diikat lehernya dan di seret ke Kota Mekah. Meski demikian, Bilal tetap bertahan seraya berucap “Ahad, Ahad.”
Suatu kali, akibat penyiksaan yang luar biasa dan kejam ini, Bilal pingsan. Ketika ia sadar kembali, ia menghadapi teriakan Umayyah yang memaksanya untuk keluar dari Islam. Dengan kejam Umayyah mengancam akan membunuhnya dengan menyiksanya kecuali ia tidak mengakui Muhammad SAW sebagai utusan Tuhan. Namun Bilal tetap kokoh dan bertahan dengan keyakinannya.
Previous
Next Post »
0 Komentar