Kumpulan Teks Pildacil Singkat Terlengkap

16.11
kumpulan teks pildacil
Kumpulan Teks Pildacil Singkat Terlengkap

[Naskah Pildacil - Adab Kepada Orang Tua]

Bismilahirohmannirohim…….

Asalamualaikum wr.wb……….
Hamdan Wa Syukron lillah, Solaatan wa salaaman ala rosulillah.ammaa badu.

Yang terhormat Dewan juri
Yang terhormat bapak dan ibu guru yang hadir pada acara ini
Hadirin dan hadirat yang berbahagia
Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.

perkenankan saya ……… dari SDN SELAJAMBE 1.Pada kesempatan lomba kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato pendek dengan judul Adab Kepada Orang Tua

Nah pertama-tama saya mau mengajak kepada semua sahabat yang ada disini….
Ayo, bersyukur kepada Allah. Ayo, bersalawat kepada rasulullah. Dan ayo, berbakti kepada kedua orang tua kita.

Teman-temanku, maukah kalian masuk surga? Ayo, mau tidak? Jika mau, begini caranya: peluklah kedua tangan orang tua kita kita seraya ucapkan:

Asalamualaikum ya abi ya umi,
Asalamualaikum ya abi ya umi,
Salam indah kupersembahkan,
Dari Allah Yang Penyayang,
Salam indah ku persembahkan,
Dari Allah Yang Penyayang.

Teman-temaanku yang tersayang, memberi salam dan doa kepada kedua orang tua itu merupakan salah satu contoh adab yang baik terhadap orang tua.

Ada contoh lagi teman-temanku, yaitu kita harus rajin mengaji supaya menjadi anak yang saleh. Ke sekolah tidak malas lagi, tentu akan membuat hati orang tua kita bahagia. Nah, membahagiakan orang tua adalah salah satu cara untuk mendapatkan ridonya.
Teman-temanku, Coba dengarkan, ikutilah dan bertepuk tanganlah;

Aku (prok, prok, prok)
Anak saleh (prok, prok, prok)
Rajin solat (prok, prok, prok)
Rajin ngaji (prok, prok, prok)
Orang tua (prok, prok,prok)
Dihormati (prok, prok, prok)
Cinta islam (prok, prok, prok)
Sampai mati (prok, prok, prok)
Lailahaillallah muhammadurosulullah. Yes !!!

Nah, menghormati orang tua begitu banyak caranya. Diantaranya dengan mentaati apa yang mereka perintahkan yang sejalan dengan ajaran agama kita. Apabila orang tua memerintahkan untuk membelikan sesuatu, maka hendaklah kita tidak menolaknya dan pergunakanlah bahasa yang baik.

Adab terhadap orang tua ini dijelaskan oleh Alloh SWT dalam surat Al Isra ayat 23:

Dan Tuhanmu Telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia

Mengucapkan kata ah kepada orang tua tidak dicbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.

Terus, apabila kita hendak pergi sekolah, maka kita harus ingat untuk bersalaman terlebih dahulu. Jangan hanya meminta uang jajan lantas kita pergi begitu saja. Itu contoh kecilnya. Nah, apabila kita bisa menghormati orang tua, maka sudah termasuk anak yang soleh.

Kesimpulan pidato saya ialah adab menghormati orang tua adalah salah satu adab yang baik kepada orang tua.
Demikianlah, yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan pidato saya bermanfaat bagi kita semua.

Ikan Lohan ikan gurami, banyak terdapat di danau Nongsa
Segala kesalahan dari kami, dan kebenaran dari yang Esa

Wasalamualaikum. Wr. Wb


[Naskah Pildacil - Berbakti Kepada Orang Tua]
(Asalamualaikum wr.wb……….

Hamdan Wa Syukron lillah,Solaatan wa salaaman ala rosulillah.ammaa badu.)

Yang terhormat Dewan juri
Yang terhormat bapak dan ibu guru yang hadir pada acara ini
Hadirin dan hadirat yang berbahagia
Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.

perkenankan saya ……… dari SDN SELAJAMBE 1. Pada kesempatan lomba kali ini saya akan memberi judul Berbakti Kepada Orang Tua

Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah, sebagai seorang Muslim kita wajib berbakti kepada ibu-bapak sebagaimana difirmankan Allah dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 36:

Yang artinya: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada dua orangtua

Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah,

Ayat tadi memerintahkan kepada kita agar senantiasa menyembah Allah, Tuhan Yang Maha Esa, dan berbuat baik kepada kedua orangtua kita. Cobalah kita hitung jasa kedua orangtua kita, tentu tidak akan mampu menghitungnya, karena jasa mereka sangat besar tiada terkira.

Saat hamil, ibu selalu dalam kepayahan karena mengandung kita, sementara bapak bekerja siang dan malam untuk kelahiran kita. Begitu pula saat lahir, mereka pun mencurahkan segala perhatian dan kasih sayang kepada kita. Bahkan sampai sekarang kasih sayangnya tiada terkira. Subhanallah, betapa mulia jasa kedua orangtua kita!

Suatu hari, ada seorang sahabat bertanya kepada Nabi SAW, Siapakah yang patut memperoleh penghormatan terbaik dariku, wahai Nabi?

Ibumu, jawab Nabi singkat.

Lalu siapa lagi? sahabat kembali bertanya.

Ibumu, Nabi tetap memberi jawaban yang sama.

Lalu siapa? sahabat itu terus bertanya.

Ibumu, lagi-lagi Nabi memberi jawaban yang sama hingga tiga kali.

Lalu siapa, wahai Nabi?

Ayahmu.

Karena itulah, barangsiapa yang durhaka kepada kedua orangtua, niscaya Allah akan menurunkan siksa dan neraka balasannya. Panasnya, duuuuh. Minta ampun! Pokoknya puanas banget, ratusan kali lipat panasnya dari api di bumi ini. Nah, sebagai generasi shalih dan shalihah, marilah kita berbakti kepada kedua orangtua dan senantiasa berdoa untuk mereka:

Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orangtuaku, dan sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangiku di kala aku masih kecil.

Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah, demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. Billahit-taufiq wal hidayah..


[Naskah Pildacil - Manfaat dan dampak perkembangan teknologi bagi kehidupan]
(Asalamualaikum wr.wb……….

Hamdan Wa Syukron lillah,Solaatan wa salaaman ala rosulillah.ammaa badu.)

Yang terhormat Dewan juri
Yang terhormat bapak dan ibu guru yang hadir pada acara ini
Hadirin dan hadirat yang berbahagia
Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.

perkenankan saya ……… dari SDN SELAJAMBE 1. Pada kesempatan lomba kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato dengan judul Manfaat dan dampak perkembangan teknologi bagi kehidupan

Bapak ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman semua yang saya banggakan. Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayahnyalah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.

Hadirin yang berbahagia, di zaman globalisasi sekarang ini kita seakan semakin dimanjakan oleh teknologi yang semakin canggih. Meskipun kita mendapatkan banyak kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita, namun kemudahan-kemudahan itulah yang kadang justru membawa dampak buruk bagi kita.

Marilah sejenak kita melihat kehidupan disekitar kita yang semakin terpengaruh oleh perkembangan teknologi. Saya beri contoh saja internet, teknologi ini sekarang semakin mudah diakses oleh siapapun baik tua ataupun muda. Jika kita mau berpikir lebih terbuka, sebenarnya ada sejuta manfaat yang bisa kita peroleh dari internet. Contohnya saja kita bisa mendapatkan banyak informasi, komunikasi yang semakin mudah, bahkan telah banyak orang yang menjadi kaya karena internet. Namun sayangnya banyak pihak yang menyalahgunakan teknologi internet ini, contohnya saja semakin maraknya pornografi, penipuan, pembajakan, dan masih banyak lagi.

Internet juga menjadi salah satu gerbang masuknya budaya-budaya asing yang kadang tidak sesuai dengan budaya kita. Kita bisa lihat generasi muda kita yang sudah semakin teracuni oleh budaya barat yang sangat bertolak belakang dengan budaya Indonesia sebagai negeri timur yang sangat menjunjung tinggi norma kesopanan. Kita bisa lihat pemuda-pemuda kita yang sepertinya sangat bangga mengenakan pakaian-pakaian yang serba minim yang sebenarnya tidak sopan menurut budaya kita.

Oleh karena itu, hadirin yang saya hormati, kita harus pandai-pandai menyaring segala hal yang kita dapat di era globalisasi sekarang ini. Budaya asing sebenarnya tak semuanya buruk, namun kita harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita. Akhir kata, saya ucapkan terimakasih atas perhatian hadirin. Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan hadirin.

Terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.


[Naskah Pildacil - Pendidikan di Negara kita Indonesia Tercinta]
(Asalamualaikum wr.wb……….

Hamdan Wa Syukron lillah,Solaatan wa salaaman ala rosulillah.ammaa badu.)

Yang terhormat Dewan juri
Yang terhormat bapak dan ibu guru yang hadir pada acara ini
Hadirin dan hadirat yang berbahagia
Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.

perkenankan saya ……………. dari SDN SELAJAMBE 1.Pada kesempatan lomba kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato dengan judul Pendidikan di negara kita Indonesia tercinta

Selamat pagi dan Salam Sejahtera untuk kita semua,
Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang teleh berkenan memberikan kita rahmatnya sehingga kita semua bisa berkumpul dalam acara Pentas PAI tingkat Sekolah Dasar ini tanpa ada satu halangan apapun.

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan sedikit tentang masalah pendidikan yang terjadi negeri kita ini. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa pendidikan di Indonesia masih tertinggal bila dibandingkan dengan banyak negara-negara berkembang lain. Hal ini disebabkan oleh banyak sebab, diantaranya adalah karena mahalnya biaya pendidikan, kurangnya pemerataan pendidikan di Indonesia, masih rendahnya sarana dan prasarana pendidikan, dan minmnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan.

Masalah-masalah pendidikan tadi tentu saja bisa diatasi, tentunya dengan kerjasama berbagai pihak yang merasa masih peduli dengan pendidikan Indonesia. Semua pihak hendaknya ikut serta dalam upaya menyelesaikan masalah pendidikan di Indonesia. Guru bisa ikut membantu pendidikan dengan mengajar para muridnya dengan baik, sabar, dan penuh perhatian, Murid-murid juga bisa membantu pendidikan dengan cara belajar yang giat agar nanti bisa menjadi orang yang sukses dan nantinya bisa ikut serta dalam usaha pendidikan yang lebih tinggi. Intinya, semua pihak harus ikut aktif dalam usaha memajukan pendidikan.

Upaya memajukan pendidikan dengan cara menyelesaikan masalah-masalah pendidikan sangat penting, kenapa? Karena dengan cara inilah kita bisa menujukkan pada dunia bahwa kita negara yang pantas disegani, dengan pendidikan, kita bisa meningkatkan taraf hidup, dengan pendidikan, kita bisa bersaing dengan negara-negara maju. Itulah kenapa betapa memajukan pandidikan sangat besar artinya.

Indonesia mempunya banyak Potensi Sumber daya manusia yang unggul, hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pelajar-pelajar kita yang berhasil menjuarai berbagai kompetisi pendidikan tingkat dunia. Itu adalah modal besar bagi kita. Jika kita mampu menyelesaikan masalah-masalah pendidikan seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, maka saya yakin, Indonesia bisa menjadi negara yang maju, atau bakan mungkin bisa lebih maju dari Amerika serikat.

Untuk itulah, saya menghimbau kepada hadirin sekalian, baik yang Pelajar, Guru, Petani, pekerja swasta, semuanya ikut serta dalam membantu menyelesaikan masalah pendidikan di Indonesia, karena hanya dengan itulah kita bisa membuktikan kepada dunia betapa hebatnya negara kita.

Kiranya, hanya itu yang dapat saya sampaikan, Kurang dan lebihnya, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum, wr wb


[Naskah Pildacil - Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua] ( Birrul Walidain )
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Alhamdulillahirobbilalamin. Washsholatu wassalamuala Muhammadin waala alihi wa shohbihi ajmain amma badu.

Yang kami hormati dewan juri, para bapak Ibu hadirin, hadirot yang dimulyakan Alloh subhanahu wataala, perkenankan saya ……… dari SDN SELAJAMBE 1. pada kesempatan kali ini saya menyampaikan ceramah singkat dengan judul Berbuat Baik Kepada Kedua Orang Tua ( Birrul Walidain )
Allah telah mengajarkan kepada kita seluruh umat Islam dalam firmanNya :

QS. Lukman 31 : 14. Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik dan berbakti kepada ibu dan bapaknya.

Dan dalam ayat lainnya Allah berfirman :QS Al Isro 17:23. Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu dan bapakmu.

hadirin yang kami muliyakan, berbuat baik kepada orangtua adalah kewajiban, barang siapa berbuat baik kepada kedua orang tuanya berarti telah beriman kepada Allah dan telah mentaati perintah Allah dengan baik

Teman-temanku, siapa yang hari ini telah salim Kepada Ibu dan Bapaknya ? Siapa yang telah mendoakan Ibu dan Bapaknya ?

Tentu teman teman telah salim pada orang tuanya dan secara rutin mendoakan orang tuanya karena kita semua, saya dan teman-teman adalah anak sholeh bukan ? Betul kita adalah anak sholeh yang ingin dicintai Allah serta dimasukkan ke surgaNya dan bukan anak durhaka yang dimurkai Alloh yang menjadi calon penghuni neraka.

Mengapa kita mesti berbuat baik dan berbakti kepada kedua orang tua kita ?

Karena beliau yang melahirkan kita, yang menggendong kita saat kita kecil, yang menyuapi makan kita, yang menyayangi kita sampai saat ini. Kita harus berbakti kepada mereka.

Rosulullah Sallallahu Alaihi Wassalam mengajarkan kepada kita agar selalu mendoakan kedua orang tua kita. Bagaimana doanya teman teman ? Insya Allah teman-teman telah hafal semua.

Allahummaghfirli waliwalidaya warhamhuma kama robayani soghiro artinya : Ya Allah ampuni dosa-dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan sayangi mereka berdua sebagaimana mereka menyayangi aku diwaktu kecil.

Semoga kita menjadi anak yang senantiasa mendoakan orang tua kita sehingga di ampuni dosa kita dan dosa kedua orang tua kita dan semoga kita disayangi Allah, amiiin.

Kiranya cukup apa yang yang saya sampaikan, mohon maaf segala kekurangan. Ihdinasysyirothol mustaqim. Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


[Naskah Pildacil - Tentang Sholat]
Assalamu’alaikum Wr. Wb

Bapak-bapak, Ibu-Ibu, serta teman-teman yang saya hormati.

Perkenalkan nama saya ……………… dari SDN SELAJAMBE 1

Pada kesempatan ini …………. akan menyampaikan pidato tentang sholat,…

Bapak-bapapk, Ibu-Ibu, serta teman semua, tahu nggak kenapa kita harus sholat?

(nggakkk)

Kalau nggak tahu akan ………… kasih tahu,

Sholat itu tiang agama, siapa yang mengerjakan sholat berati menegakkan agama, dan siapa yang meninggalkan sholat berarti meruntuhkan agama

(assholatu imaduddin, faman aqamaha fakad aqamaddin, waman adamaha faqadadamaddiin)

………….. boleh bernyanyi nggak?

(boleh….)

Sebatang kayu rindang daunnya

Lebat buahnya, besar pohonnya

Walaupun hidup seribu tahun

Tidak sembahyang apa gunanya

Walaupun hidup seribu tahun

Tidak sembahyang apa gunanya

Karena itu, Bapak-bapak, Ibu-ibu dan teman-teman sekalian,….

"Sholatlah pada waktunya

"Jangan melalaikannya

"Apalagi meninggalkannya

Demikianlah pidao yang dapat najmi sampaikan, najmi sudahi dengan sebuah pantun

"Kalau ada sumur di ladang boleh kita menumpang mandi

"Kalau umur sama panjang boleh kita berjumpa lagi

Assalamu’alaikum Wr. Wb



[Naskah Pildacil - Kebersihan sebagian dari iman]
(Asalamualaikum wr.wb……….

Hamdan Wa Syukron lillah,Solaatan wa salaaman ala rosulillah.ammaa badu.)

Yang terhormat Dewan juri
Yang terhormat bapak dan ibu guru yang hadir pada acara ini
Hadirin dan hadirat yang berbahagia
Serta teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.

perkenankan saya ……………. dari SDN SELAJAMBE 1.Pada kesempatan lomba kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato dengan judul Kebersihan sebagian dari iman

Teman-teman yang saya banggakan,

Pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang Berbahagia,

Menjaga Kebersihan Lingkungan sadalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta. Apabila sekolah kita bersih maka orang lainpun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan Lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dan dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari Sarang nyamuk Ades Aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.

Teman-teman Sekalian,

Sebagai penutup saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Kedepanya saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Baca juga : Naskah Pildacil - Tentang Perintah Utama dalam Isra' Mi'raj
Previous
Next Post »

16 komentar