Melacak Jejak Sejarah Muslim Rohingya di Myanmar

20.37
Melacak Jejak Sejarah Muslim Rohingya di Myanmar
Seorang perempuan warga Rohingya dan anaknya menangis setelah tertangkap pasukan perbatasan Bangladesh (BGB). Pasalnya, mereka memasuki negara itu secara ilegal di Cox's Bazar pada 21 November 2016

Arakan atau Rakhine kini adalah sebuah negara bagian yang terletak di barat Myanmar. Di wilayah tersebut, selama bertahun-tahun kekerasan berulang kali terjadi antara warga mayoritas dengan muslim Rohingya.

Pada 2012, Rakhine menjadi sorotan dunia setelah terjadi bentrok berdarah kedua kelompok yang menewaskan lebih dari 200 orang. Sementara 140.000 warga lainnya terpaksa mengungsi. Hingga saat ini kekerasan belum berhenti terjadi.

Penyerangan ke tiga pos perbatasan pada 9 Oktober 2016 lalu memicu dilaksanakannya operasi militer di Rakhine, tepatnya di wilayah yang menjadi permukiman warga muslim Rohingya. Versi otoritas setempat, kebijakan ini merupakan langkah pembersihan terhadap segelintir orang yang mereka sebut sebagai kelompok militan dari kalangan Rohingya.

Namun belakangan, muncul dugaan penyalahgunaan wewenang oleh militer. Mereka dikabarkan melakukan pemerkosaan, pembunuhan, dan pembakaran rumah serta gedung.

Terasing di negeri sendiri, tak memiliki kewarganegaraan, didiskriminasi, dan menjadi sasaran siklus kekerasan yang tak terduga. Begitulah kurang lebih gambaran kondisi warga muslim Rohingya yang diberikan oleh Gregory B. Poling, analis dari CSIS.

Banyak kalangan di dalam negeri Myanmar, termasuk sejumlah tokoh agama dan para pemimpin politik, meminta agar warga muslim Rohingya diusir melalui cara apa pun. Namun ada pula yang membela mereka meski kelompok ini dibenci, sehingga melahirkan kesenjangan politik.

Para tokoh masyarakat yang membela keberadaan muslim Rohingya bahkan akan dilabeli persona non-grata.

Selama ini, publik hanya mengenali Rohingya sebagai warga muslim minoritas yang teraniaya di Myanmar, sebuah negara yang mayoritas penduduknya menganut keyakinan Buddha. Pertanyaan pun muncul, siapa sebenarnya Rohingya?

Dari beberapa literatur, Rohingya disebut telah berdiam di Rakhine sejak abad ke-7, sebagian lainnya menyebut sejak abad ke-16. Nenek moyang Rohingya merupakan campuran dari Arab, Turki, Persia, Afghanistan, Bengali, dan Indi-Mongoloid.

Populasi mereka di Rakhine mencapai lebih dari 1 juta jiwa. Sebagian besar hidup di Kota Maungdaw dan Buthidaung di mana di sana mereka adalah mayoritas.

Melacak Jejak Sejarah Muslim Rohingya di Myanmar
Pengungsi Rohingya mengatakan enggan pulang karena tidak dianggap sebagai warga Myanmar.
Pemerintah Myanmar mengklaim bahwa Rohingya tidak memenuhi syarat untuk mendapat kewarganegaraan di bawah UU Kewarganegaraan yang disusun militer pada 1982. Dokumen tersebut mendefinisikan bahwa warga negara adalah kelompok etnik yang secara permanen telah menetap dalam batas-batas modern Myanmar sebelum tahun 1823. Itu adalah tahun sebelum perang pertama antara Inggris-Myanmar.

Pemerintahan Jenderal Ne Win memasukkan 135 kelompok etnik yang telah memenuhi persyaratan. Dan daftar inilah yang masih digunakan pemerintah sipil Myanmar hingga saat ini.

Pemerintah kolonial Inggris disebut-sebut merupakan pihak yang mendorong migrasi Rohingya ke Myanmar. Ini yang memicu kebencian di dalam negeri negara itu, sehingga digunakanlah tahun 1823 sebagai acuan untuk menentukan kewarganegaraan.

Cerita yang dominan berkembang di dalam negeri Myanmar adalah Rohingya merupakan pendatang baru. Warga muslim itu dikabarkan keturunan imigran dari Bangladesh pada era kolonial. Namun menurut Gregory B. Poling, belakangan kisah ini terbukti palsu.

Pada 1799, seorang ahli bedah, Francis Buchanan, dengan perusahaan British East India berpergian ke Myanmar dan bertemu dengan warga muslim yang telah lama menetap di Rakhine. Mereka menyebut dirinya sebagai Rooinga atau penduduk asli Arakan.

Ini menandai bahwa warga muslim Rohingya sudah hidup di Rakhine setidaknya 25 tahun sebelum 1823.

Bahkan meski nama Rohingya terlalu tabu untuk diterima di Myanmar, sejarah menginformasikan secara jelas bahwa kelompok etnik itu sendiri telah berada di Rakhine sejak berabad-abad silam.

Sebuah populasi muslim yang signifikan disebut telah hidup di Kerajaan Mrauk-U yang memerintah Rakhine dari pertengahan abad ke-15 hingga akhir abad ke-18. Tak hanya itu, raja-raja Buddha dari Mrauk-U bahkan menghormati umat muslim.

Menurut Poling, bukti tersebut menunjukkan bahwa komunitas muslim itulah yang menjadi asal muasal Rohingya saat ini. Kelompok ini lantas berasimilasi dengan gelombang imigran dari Bangladesh selama dan setelah era jajahan Inggris.

Kehidupan Rohingya di Bawah Diktator Ne Win

Pascamerdeka dari Inggris, pemerintahan parlementer Myanmar 1948-1962 mengakui kewarganegaraan Rohingya. Peristiwa ini sekaligus menyingkirkan kisah lama yang berkembang bahwa Rohingya merupakan "pendatang baru".

Seiring dengan diakui mereka pun mendapat dokumen-dokumen resmi dan menikmati berbagai fasilitas sebagai warga negara. Bahkan radio nasional memiliki segmen khusus yang dibawakan dengan menggunakan bahasa Rohingya.

Eks peneliti di London School of Economics, Maung Zarni, memiliki sejumlah dokumen berbahasa Myanmar yang menunjukkan pengakuan pemerintah terhadap Rohingya selama era kepemimpinan U Nu dan pada tahun-tahun awal pemerintahan diktator Ne Win. Beberapa di antaranya adalah pernyataan publik, siaran radio resmi, buku yang dicetak pemerintah, dan dokumen yang dikeluarkan pemerintah.

Pascakemerdekaan Myanmar, sejumlah anggota parlemen yang menyebut diri mereka sebagai warga Rohingya menentang dimasukkannya wilayah yang dihuni etnik itu ke bagian negara Rakhine. U Nu pun pada 1961 memutuskan untuk menjadikan Buthidaung, Maungdaw, dan Rathedaung sebagai wilayah Administrasi Perbatasan Mayu. Nama tersebut diambil dari nama sungai yang mengalir melalui kawasan itu.

Kawasan tersebut terpisah dari Rakhine yang dihuni mayoritas penduduk beragama Buddha. Kehidupan warga Rohingya berubah secara dramatis ketika negara itu dipimpin oleh diktator Ne Win.

Dalam buku Burma: A Nation at the Crossroads yang ditulis Benedict Rogers, disebutkan salah seorang pejabat di era Ne Win mengaku bahwa sang diktator memiliki kebijakan tak tertulis untuk menyingkirkan warga muslim, Kristen, Karens dan beberapa etnik lainnya.

Pemerintahan Ne Win pun secara sistematis melucuti kewarganegaraan Rohingya. Dimulai dari pemberlakuan UU Imigrasi Darurat 1974 dan puncaknya adalah UU Kewarganegaraan 1982.

Warga Rohingya yang bermukim di wilayah Administrasi Perbatasan Mayu "dilimpahkan" ke Rakhine. Dan sejak saat itu, ratusan ribu dari mereka melarikan diri ke Bangladesh akibat dipicu serangan brutal pada 1978 dan 1991.

Praktis sejak saat itu hak-hak mereka terhadap dokumen resmi, pendidikan, bantuan pemerintah, kepemilikan tanah, bahkan perkawinan terabaikan. Pemerintah Myanmar pun disebut menanamkan ingatan pada generasi muda bahwa Rohingya adalah kelompok penyusup, pencuri tanah dan peluang ekonomi yang bertujuan "menggulingkan" Buddha sebagai agama mayoritas di negara itu.
Previous
Next Post »

20 komentar

  1. Just want to say your article is as amazing. The clarity in your
    post is simply great and i could assume you're an expert on this subject.
    Well with your permission allow me to grab your feed to keep updated
    with forthcoming post. Thanks a million and please
    keep up the rewarding work.

    BalasHapus
  2. Ahaa, its nice conversation regarding this piece of
    writing at this place at this website, I have read all that, so at this time
    me also commenting here.

    BalasHapus
  3. Generally I don't learn article on blogs, but I would like to say that this write-up very forced me to take a look at and do so!
    Your writing style has been surprised me. Thank you, very nice article.

    BalasHapus
  4. Thank you for the good writeup. It in reality used to be a entertainment account it.
    Look advanced to far delivered agreeable from you! However, how can we keep up a correspondence?

    BalasHapus
  5. Appreciate this post. Will try it out.

    BalasHapus
  6. Heya i am for the first time here. I found this board and I find It really useful
    & it helped me out a lot. I hope to give something back and aid others like you
    aided me.

    BalasHapus
  7. Asking questions are genuinely nice thing if you are not understanding something totally, however
    this piece of writing presents pleasant understanding yet.

    BalasHapus
  8. I've been browsing online more than three hours lately,
    but I never discovered any interesting article like yours.
    It is pretty price enough for me. Personally, if all website owners and bloggers made excellent content as you did, the internet might be a lot more helpful than ever before.

    BalasHapus
  9. An outstanding share! I've just forwarded this onto a co-worker who
    had been conducting a little homework on this. And he in fact bought me lunch because I found it for him...

    lol. So allow me to reword this.... Thanks for the meal!!

    But yeah, thanx for spending the time to discuss this issue here on your web page.

    BalasHapus
  10. My brother recommended I might like this website. He was entirely
    right. This post truly made my day. You cann't imagine simply how much time I had spent for this info!
    Thanks!

    BalasHapus
  11. I need to to thank you for this excellent read!! I certainly enjoyed every
    bit of it. I have got you saved as a favorite to check
    out new things you post…

    BalasHapus
  12. Hello! Someone in my Facebook group shared this website with us so I came to check it out.
    I'm definitely enjoying the information. I'm book-marking and will be tweeting this to
    my followers! Wonderful blog and superb design.

    BalasHapus
  13. We stumbled over here by a different web address and thought I might as well check things out.

    I like what I see so now i'm following you. Look forward to looking into your web page yet again.

    BalasHapus
  14. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet
    my newest twitter updates. I've been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this.
    Please let me know if you run into anything.
    I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

    BalasHapus
  15. Right now it seems like Drupal is the best blogging platform available right
    now. (from what I've read) Is that what you are using on your blog?

    BalasHapus
  16. Hello! I could have sworn I've been to your blog before but after looking at
    a few of the posts I realized it's new to me.
    Regardless, I'm certainly delighted I discovered it and
    I'll be bookmarking it and checking back regularly!

    BalasHapus
  17. Wow that was unusual. I just wrote an really long comment but after I clicked submit my comment didn't appear.
    Grrrr... well I'm not writing all that over again. Regardless, just wanted to say superb blog!

    BalasHapus
  18. An outstanding share! I have just forwarded this onto a
    coworker who was conducting a little research on this.
    And he in fact ordered me lunch simply because I discovered it for him...
    lol. So let me reword this.... Thank YOU for the meal!! But yeah, thanks
    for spending some time to talk about this subject here on your
    site.

    BalasHapus
  19. Please let me know if you're looking for a author for your weblog.

    You have some really good posts and I feel I would be a good asset.
    If you ever want to take some of the load off, I'd love to write some content for your
    blog in exchange for a link back to mine.
    Please send me an e-mail if interested. Kudos!

    BalasHapus
  20. excellent issues altogether, you simply gained a new reader.
    What may you suggest about your publish that you made some days in the past?
    Any certain?

    BalasHapus