BERBAGAI MANFAAT BUAH NAGA BAGI KESEHATAN

06.16
Buah Naga merupakan buah yang kaya manfaat dan saat ini sangat mudah di jumpai mulai di toko buah biasa hingga super market. Bagi yang baru tau, mendengar nama “Buah Naga” akan mengira buah ini berasal dari China, saya sendiri pun mengira demikian. Hal tersebut sangat wajar mengingat buah ini hampir selalu bisa di jumpai pada upacara adat China. Meski demikian Buah Naga sendiri sejatinya berasal dari Mexico, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan dan termasuk tanaman jenis kaktus marga Hylocereus dan Selenicereus. Saat ini buah Naga telah di budidayakan di berbagai negara di Asia termasuk Indonesia.
BERBAGAI MANFAAT BUAH NAGA BAGI KESEHATAN
Ilustrasi: Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan












Buah Naga sendiri ada beberapa jenis yang dihasilkan dari kaktus yang berbeda marga. Adapun jenisnya adalah sebagai berikut:
  • Hylocereus undatus, menghasilkan buah naga warna merah dengan daging buah putih.
  • Hylocereus polyrhizus, menghasilkan buah naga warna merah muda dengan daging buah merah.
  • Selenicereus megalanthus, menghasilkan buah naga warna kuning dan daging buah putih.
  • Hylocereus costaricensis, menghasilkan buah naga dengan warna yang sangat merah.

Seperti halnya buah-buah yang lain buah Naga juga mengandung berbagai zat bermanfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun dalam buah naga seperti serat, protein, kalori, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B3, dan Vitamin B12.

MANFAAT BUAH NAGA

1. Menjaga Jantung Tetap Sehat
Kandungan vitamin yang terdapat pada buah naga berupa vitamin C, B1, B2, dan B3 ternyata sangat baik untuk menjaga agar jantung tetap sehat. Hasilnya akan semakin baik bila mengkonsumsi buah naga di imbangi dengan olahraga secara teratur seperti jalan sehat dan senam ringan.

2. Kaya Antioksidan Cegah Kanker
Selain kaya akan berbagai sumber vitamin buah naga juga kaya zat antioksidan. Seperti diketahui antioksidan sangat baik bagi tubuh untuk membunuh sel kanker. Penerapanya pun cukup mudah yaitu dengan mempersiapkan 500gr buah naga kemudian di jadikan jus dan di konsumsi secara teratur setiap hari.

3. Meningkatkan Kekebalan dan Daya Tahan Tubuh
Vitamin C sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Pada Buah yang satu ini terdapat kandungan vitamin C yang sangat tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga buah ini juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

4. Mengontrol Gula Darah Serta Mencegah Diabetes Melitus
Diabetes melitus bisa diderita oleh siapa saja tak peduli tua maupun muda dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Maka dari itu agar terhidar dari diabetes maka sebaiknya menerapkan pola hidup maupun pola makan yang sehat. Selain itu konsumsi buah naga juga sangat baik karena mengandung zat yang efektif untuk mengontrol dan mengurangi kadar gula dalam darah.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol
Pada buah Naga terdapat kandungan Vitamin B1, B2, dan B3 yang mana Vitamin B3 ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah secara efektif jika dikonsumsi secara teratur.

6. Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi ternyata bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah naga. Buah ini mampu mengembalikan tingkat hipertensi seseorang menjadi normal.

7. Menghambat Penuaan Dini
Antioksidan selain untuk mengatasi Kanker juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Seperti diketahui, selain Buah Apel ternyata buah naga juga akaya akan anti oksidan yang mampu menghambat penuaan dini.

8. Menjaga Kesehatan Mata
Buah yang satu ini juga memiliki kandungan Karoten yang tentunya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

9. Menetralkan Racun Dalam Tubuh
Tanpa kita sadari pada makanan yang kita konsumsi mengandung banyak zat beracun yang berbahaya bagi tubuh seperti merkuri, arsen, dan zat berbahaya lainya. Mengonsumsi buah naga secara rutin dan tertaur akan memberikan manfaat sebagai penetral zat-zat berbahaya tersebut.

10. Meningkatkan Nafsu Makan
Bagi anda yang memiliki nafsu makan rendah dan ingin menambah berat badan maka bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah naga. Kandungan vitamin B1 dan B2 yang terdapat di dalamnya mampu meningkatkan nafsu makan anda.

MANFAAT BUAH NAGA BAGI KESEHATAN

Nah jika selama ini anda menganggap buah naga merupakan buah yang bisa saja tentunya mulai bisa mengesampingklan pendapat anda tersebut. Seperti diketahui manfaat buah naga ternyata sangat banyak dan sangat baik untuk menjaga agar tubuh anda tetap sehat dan terbebas dari berbagai penyakit. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

http://www.likethisya.com/manfaat-buah-naga.html
Previous
Next Post »
0 Komentar