Cara menahan nafsu makan dan kebiasaan ngemil

05.18
Menahan nafsu makan dan kebiasaan ngemil yang berlebihan
Banyak orang kesulitan menahan nafsu makan dan selalu memiliki hasrat ingin ngemil makanan seperti coklat, keripik, biskuit, minuman soda, dll setiap saat.

Nafsu makan yang tidak terkontrol sangat tidak menyehatkan karena menggangu metabolisme tubuh, berat badan menjadi bertambah, dan terakhir yang paling penting dapat menjadi penyakit. Oleh karena itu di artikel ini, tips dan trik akan memberikan beberapa cara ampuh untuk dapat mengatasi kebiasaan ngemil Anda.

Tips menahan nafsu makan dan hasrat untuk ngemil

1. Makan makanan yang sehat dalam jumlah secara teratur (selang 3-5 jam) supaya nafsu makan berkurang. Hal ini sangat efektif untuk mengurangi nafsu untuk makan / ngemil karena penurunan kadar gula dalam darah dapat membuat Anda tiba-tiba terasa lapar dan merasa harus segera makan / ngemil untuk mencukupi kebutuhan gula tersebut.

2. Cari tahu makanan apa yang tidak bisa Anda tolak untuk dimakan bila melihatnya, setelah mengidentifikasi makanan tersebut maka jauhkan mereka dari dekat Anda. Jangan membawa makanan junk food / cemilan ke rumah, karena jika makanan tersebut tidak tersedia di rumah akan membuat keinginan untuk ngemil tidak terlintas dalam pikiran Anda.
Cara menahan nafsu makan dan kebiasaan ngemil











3. Latih diri Anda untuk menahan nafsu makan. Bila Anda merasa ingin ngemil maka cobalan tahan keinginan tersebut selama setengah sampai satu jam, bila waktunya habis dan masih merasa ingin ngemil, makanlah dalam jumlah sedikit saja. Latihan ini sangat efektif karena hasrat untuk ngemil biasanya tidak bertahan lebih dari 20 – 30 menit sehingga saat kita menahannya maka hasrat ngemil hilang dengan sendirinya.

4. Bila Anda merasa setiap saat harus ngemil sesuatu yang manis, maka sebaiknya memilih untuk memakan buah seperti kurma, anggur, kismis, yogurt, blueberry, dll ketimbang snack yang memiliki lemak dan kalori tinggi.

5. Lakukan kegiatan untuk menghilangkan pikiran dari keinginan untuk ngemil. Kebiasaan ngemil biasanya dilakukan saat orang tidak memiliki kegiatan atau sedang sendiri saja, oleh karena itu sebaiknya isi waktu Anda dengan pergi berjalan-jalan dengan teman, merapikan lemari, bersih-bersih, olahraga ringan atau apa saja yang dapat melupakan Anda dari napsu makan berlebih.

6. Banyak orang mulai ngemil saat mereka tidak bahagia, gagal, putus asa, ataupun putus cinta sebagai pelarian untuk menghilangkan stress atau sekedar membuat dirinya menjadi nyaman untuk sementara. Jadi, berusahalah tidak makan ketika merasa emosi tapi carilah cara lain seperti curhat dengan teman, berekreasi, atau melakukan kegiatan lain yg dapat menyenangkan hati.

http://tips-trik.net/cara-menahan-nafsu-makan-kebiasaan-ngemil/
Previous
Next Post »
0 Komentar