Cara Menggunakan Twitter Lengkap

20.36
Bagi pengguna baru sosial bookmark Twitter pastinya menghadapi kesulitan menggunakannya. Sebelumnya telah dibahas cara mendaftar twitter, kali ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan twitter disertai dengan istilah-istilah dalam dunia pertwitteran. Dengan mengetahui istilah-istilahnya tentu saja akan memudahkan pengguna baru dalam mengoprasikan twitter.

Cara Menggunakan Twitter Lengkap
Cara Menggunakan Twitter Lengkap

Sejatinya menggunakan twitter tidak terlalu sulit dengan mempelajari sedikit istilah-istilahnya kemungkinan besar sudah bisa menggunakan twitter. Dalam memnggunakan twitter harus di pahami kita dibatasi hanya menulis sebanyak 140 karakter saja. Berbeda dengan Facebook yang lebih memberi keleluasaan penggunanya. Namun menggunakan twitter memiliki ciri khas dan kenikmatan tersendiri. Pengguna bisa mendapat update informasi yang sedang booming hanya dengan memiliki twitter, so rata-rata pengguna Twitter bukan orang gaptek lagi.

CARA MENGGUNAKAN TWITTER

1. Melengkapi Profil Twitter

Setelah memiliki akun twitter hal pertama yang harus dilakukan yaitu melengkapi halaman profil. Hal ini bertujuan agar akun pengguna tampak baik di mata pengguna lain yang mungkin akan Follow/ mengikuti akun anda. Isilah informasi profil semenarik mungkin sesuai kriteria anda.

2. Menulis Tweet/ Kicauan

Tweet atau kicauan merupakan fasilitas yang digunakan untuk menulis apa yang ingin kita informasikan. Tweet ini seperti halnya dengan update status di facebook. Tweet yang kita buat akan terlihat juga oleh orang yang mengikuti kita/ Follow kita. Pengguna dibatasi menulis tweet hanya sampai 140 karakter. Pengguna tidak harus menulis artikel saja, bisa juga membagi link informasi yang bermanfaat bagi para pengikut/ follower.

3. Diskusi Membahas Topik Tertentu

Twitter memberi fasilitas bagi pengguna yang ingin membahas topik tertentu dan bisa diikuti oleh seluruh pengguna yang membahasa topik serupa. Fitur tersebut berupa hastag (#) misalnya pengguna membuat Tweet ” #iLoveMonday kembali ke rutinitas ” maka tweet tersebut juga akan dilihat pengguna twitter lain menggunakan hastag serupa #iLoveMonday.

Istilah-Istilah lainya di Twitter

Reply: istilah ini digunakan jika kita ingin membalas tweet yang ditujukan pada kita. Maka dari itu, jika ingin memberi merespon atau membalas tweet orang yang kita ikuti bisa dengan klik tombol “Reply”.

ReTweet atau RT: istilah ini artinya mengulang dan digunakan untuk men-Tweet ulang Tweet seseorang yang kita anggap penting, bermanfaat, atau keren. Sehingga apa yang kita ReTweet tersebut akan dilihat juga oleh follower kita.

Follower (pengikut): istilah ini digunakan bagi mereka yang menjadi pengikut kita di Twitter. Para follower ini akan mendapatkan update dari tweet yang kita buat.

Following (mengikuti): istilah digunakan untuk akun twitter yang di ikuti. Maka jika kita mengikuti (following) akun twitter orang lain maka kita juga akan menerima update dari mereka.

@ (mention) : simbol @ tersebut disebut juga Mention yang berfungsi untuk memberi pesan atau seruan yang ditujukan pada orang yang follow kita. Misalnya menulis tweet “@Guecakep di tunggu traktiranya “, artinya pesan tersebut menyeru pada pemilik akun twitter dengan ID Guecakep.

Trending Topic: Merupakan istilah yang digunakan untuk topik atau isu yang sedang booming ramai dibahas di Twitter. Trending topik ini bisa menampilkan topik trend secara global maupun regional, tergantung pengaturan kita.

Direct Message (DM) : Fitur yang digunakan untuk mengirim pesan pribadi dan hanya akan dilihat oleh penerima DM saja.

Trending Topic: istilah ini merupakan istilah pada topik atau isu yang sedang booming ramai dibahas di Twitter, bisa secara global di dunia atau trending di negara sendiri saja tergantung pengaturan kita untuk menampilkan trending topik global atau regional.

Favorites: adalah fitur baru dari twitter yang berfungsi untuk menyimpan Tweet sehingga bisa dibuka lagi sewaktu-waktu.

Connect : ini adalah fitur baru Twitter Connect yang berfungsi untuk mengetahui segala aktifitas yang terjadi di twitter, mulai dari mention, retweet, tweet favorit, orang yang mem-follow, dan interaksi pengguna dengan pengguna lain.

Discover : Fitur yang satu ini berfungsi agar kita bisa mengikuti perkembangan yang sedang menjadi topic hangat atau trending topic internasional maupun regional misalnya di Indonesia saja.

Embed tweet on your websites : Bagi yang aktif di dunia blogging atau news, fitur ini sangat bermanfaat. Fungsinya yaitu memasukan tweet di atikel blog maupun website.

Demikian beberapa istilah dalam twitter yang semoga saja bisa bermanfaat dan memberikan kemudahan menggunakan twitter. Semoga bisa bermanfaat dan memberikan kemudahan bagi yang belum memahami cara menggunakan twitter. Semoga berhasil.

Sumber link
Previous
Next Post »
0 Komentar