Apabila ada Link atau halaman yang Eror mohon laporkan di kolom komentar. Terimakasih atas perhatiannya.

Baikal, Danau Terbesar, Terdalam, dan Tertua di Dunia

6:42 AM
Baikal, Danau Terbesar, Terdalam, dan Tertua di Dunia
Dabai Baikal, terbesar dan terdalam di dunia. (www.www.dreamland.travel)
Tahukah Anda, apa nama danau terbesar dan terdalam di dunia? Jawabannya adalah Danau Baikal, yang terletak Siberia, Rusia. Pada 1996, UNESCO menetapkannya sebagai situs warisan dunia.

"Danau Baikal adalah danau tertua di dunia," kata Jennifer Castner dari program Rusia untuk lingkungan Pasifik. Danau ini diperkirakan berusia 20-30 juta tahun. "Ini menjadi habitat bagi 1.700-1.800 spesies tanaman dan hewan endemik."

Danau ini terisi 23 ribu kilometer kubik air dan menjadi tempat dari 20 persen air tawar dunia. Bagian terdalam dari danau ini mencapai 1.632 meter dan yang terdangkal 1.219 meter di bawah permukaan laut. Adapun rata-rata kedalamannya mencapai 744 meter.

Luas permukaan danau mencapai 31.722 kilometer persegi dengan rentang terpanjang 640 km dan lebar terpanjang 79,5 km.

Danau Baikal terletak di selatan-tengah Rusia, dekat dengan perbatasan Mongolia. Karena keindahannya, orang Rusia kadang-kadang menyebutnya sebagai Laut Suci.

Pulau Olkhon merupakan pulau terbesar di Danau Baikal dan dihuni sekitar 1.500 orang. Secara total, ada 27 pulau di sana yang tidak berpenghuni.

Danau Baikal menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan. Tak kurang dari 500 ribu turis mendatanginya setiap tahun. Selama musim panas, ketika danau ini penuh oleh es meleleh dari pegunungan Siberia, wisatawan kadang bisa melihat ke bawah air sampai kedalaman lebih dari 39 meter. Kejernihan merupakan hasil dari kemurnian es yang meleleh itu.

Baikal, Danau Terbesar, Terdalam, dan Tertua di Dunia
Lake Baikal saat permukaannya menjadi es.


LIVESCIENCE | NS

Previous
Next Post »
0 Komentar