Anda Merasa Seperti Jatuh Ketika Tidur, Inilah Penjelasannya

02.29
Anda Merasa Seperti Jatuh Ketika Tidur, Inilah Penjelasannya

Tidur menjadi ritual paling penting dalam siklus kehidupan manusia sehari-hari. Tidur yang nyenyak dan berkualitas menjadi kebutuhan utama tubuh untuk kembali meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak dan mengembalikan energi. Namun, saat tidur pernahkah Anda merasa tiba-tiba merasa seperti terjatuh? Apa yang sebenarnya mempengaruhi tubuh sehingga sensai ini terjadi?

Seperti dilansir dari Brightside, sensasi seperti terjatuh, dilemparkan, hingga terhempas dari kekosongan ini ternyata merupakan siklus dalam proses tidur. Dan saat akan tidur Anda memasuki empat tahap. Sensasi seperti terjatuh merupakan tahap awal yang dalam dunia medis disebut NREM. Hal ini terjadi secara alami ketika otot tubuh mulai rileks saat akan tertidur dan tiba-tiba otak Anda merespon seperti berjaga bertindak seakan Anda akan jatuh.

Hal ini seketika membuat otot pada tubuh menjadi tegang, sehingga Anda kaget dan terbangun karena seolah-olah akan terjatuh. Ilmuwan lainnya juga mempercayai bahwa gerakan refleks manusia berkembang selama proses evolusi seperti pengalaman seseorang ketika tidur diatas pohon dan akan terjatuh sehingga secara refleks tubuh otot berjaga-jaga.

Tak hanya itu, sebagian orang juga pernah merasakan sensasi seperti kesetrum ringan ketika bangun tidur. Sensasi ini biasanya dirasakan oleh mereka yang merasa sangat lelah dan tegang dalam melewati rutinitasnya, memiliki kebiasaan tidur yang tidak teratur hingga sering merasa cemas.

Tetapi dalam banyak kasus, itu tidak memiliki efek samping berbahaya bagi kesehatan Anda, dan itu bukan penyakit atau kondisi medis. Jadi ingat, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Coba tarik napas dalam-dalam, coba untuk bersantai dan kembali tidur.

Previous
Next Post »
0 Komentar