Apabila ada Link atau halaman yang Eror mohon laporkan di kolom komentar. Terimakasih atas perhatiannya.

Panduan Menjadi Kaya di Tahun 2017

7:09 PM
 Panduan Menjadi Kaya di Tahun 2017
Lupakan berhalusinasi bisa kaya secara instan, ambil langkah yang pasti-pasti saja, dengan berinvestasi dibidang properti misalnya.

Tak terasa, hampir tiga bulan berlalu di tahun 2017. Pergantian tahun dari 2016 ke 2017 rasanya berlangsung sangat cepat. Kembali ke belakang, di akhir 2016 kemarin apa yang menjadi resolusi Anda untuk menyambut tahun yang baru ini?

Apakah berharap memiliki memiliki rumah baru? Mobil baru? Atau menjadi lebih kaya lagi di tahun 2017? Banyak keinginan baik yang terlintas di pikiran saat menyambut tahun 2017, apalagi yang kaitannya dengan finansial.


Namun semakin lama hal tersebut semakin susah untuk diwujudkan mengingat nilai uang yang sepertinya sudah tidak ada harganya lagi. Kenaikan bahan-bahan kebutuhan pokok dan kebutuhan yang lainnya semakin memperkecil kesempatan untuk bisa menabung uang dalam jumlah yang banyak.

Tidak sama seperti halnya zaman dulu, di mana harga kebutuhan pokok sangat murah atau bahkan apa yang dibutuhkan bisa langsung diambil di alam tanpa perlu membayar.

Perkembangan zaman menuntut seseorang harus bekerja keras demi mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Gaji yang pas-pasan menjadi kendala untuk bisa menabung. Jangankan menabung, bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari saja rasanya sudah sangat bersyukur. Keberadaan uang memang sangat misterius.

Jika dikejar, ia lari. Namun jika tak dikejar, ia datang dengan sendirinya. Sama dengan saat memasak untuk memenuhi kebutuhan pangan, sedikit berlebih malah rasanya kurang.

Agar keadaan ekonomi semakin tertata rapi di tahun yang baru berjalan ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, diantaranya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Bandingkan Harta dengan Utang

Harta yang dimaksudkan di sini adalah apapun yang Anda miliki termasuk investasi, kendaraan, rumah, deposito, tabungan, dan sebagainya.

Jika Anda adalah orang yang masih gemar menabung di tengah perekonomian yang terbilang cukup sulit dan harga kebutuhan pokok yang tinggi, bisa dikatakan Anda adalah orang hebat.

Jika kekayaan yang dimiliki berjumlah miliaran, jangan langsung senang dulu. Faktanya belum tentu semua harta yang dimiliki bersih atau tidak terdapat kandungan utang di dalamnya. Mungkin saja satu atau dua harta yang dihitung masih dalam proses pelunasan.

Jika ditemukan catatan utang saat menghitung jumlah kekayaan, coba kumpulkan semua catatan utang tersebut. Setelah itu, coba hitung berapa jumlah utang yang masih Anda miliki.

Jika sudah mengetahui berapa total utang, coba bandingkan dengan jumlah harta yang dimiliki dan ketahui berapa total dari aset bersih yang Anda miliki.

Jika selama ini Anda memiliki utang yang baik, bisa dikatakan keuangan di tahun 2017 ini akan baik juga, begitupun untuk tahun-tahun selanjutnya.

Investasi

2. Melakukan Investasi

Agar bisa menambah kekayaan di tahun 2017, tidak ada salahnya jika Anda semakin gencar untuk melakukan investasi pada beberapa sektor investasi.

Ada banyak sekali sektor investasi yang tersedia saat ini diantaranya investasi properti, valuta asing, deposito, obligasi, reksadana, atau bahkan investasi saham.

Jika Anda salah satu orang yang risk taker, investasi saham patut untuk dicoba. Apalagi keuntungan yang akan didapatkan lebih besar daripada investasi lainnya.

Ada dua jenis investasi diantaranya investasi jangka panjang dan jangka pendek. Kedua investasi ini bisa dipilih.

Namun jika tujuan investasi Anda adalah untuk masa depan, sebaiknya memilih investasi jangka panjang. Keuntungan yang didapatkan juga akan lebih maksimal.

Pengeluaran

3. Mengevaluasi Pengeluaran


Langkah terakhir yang bisa dilakukan agar keuangan di tahun 2017 semakin baik lagi dan tidak kacau adalah dengan melakukan evaluasi terhadap pengeluaran yang terjadi pada tahun sebelumnya.

Lakukan analisa pada setiap pengeluaran yang terjadi, baik pengeluaran kecil maupun besar. Lihat seberapa pentingkah semua pengeluaran tersebut bagi Anda dan anggota keluarga.

Sebaiknya lakukan pemisahan terhadap beberapa kebutuhan, misalnya kebutuhan pokok, membayar asuransi, menggaji asisten rumah tangga, membayar uang sekolah anak, dan sebagainya.

Satu hal yang juga penting saat mengevaluasi keuangan adalah pikirkan apakah uang yang dikeluarkan sesuai dengan manfaat yang didapatkan. Dalam arti lain apakah pengorbanan (uang) yang dikeluarkan bisa mencapai tingkat kepuasan Anda atau tidak.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa menjadi lebih kaya di tahun 2017. Sebenarnya menjadi kaya bukanlah hal yang sulit.

Apalagi jika Anda memiliki penghasilan yang terbilang besar dan Anda bisa mengontrol keuangan. Sehingga menjadi lebih kaya di tahun 2017 ini bisa diwujudkan dengan mudah. Tertarik untuk mencoba?

Previous
Next Post »
0 Komentar