Apabila ada Link atau halaman yang Eror mohon laporkan di kolom komentar. Terimakasih atas perhatiannya.

OBAT BATUK ALAMI TRADISIONAL

9:01 PM
Obat Batuk Alami – Batuk merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu dan sangat tidak disukai setiap orang. Batuk bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor internal dan eksternal tubuh. Biasanya batuk di awali oleh gejala pilek, namun ada juga batuk yang disebabkan oleh virus penyebab batuk.
OBAT BATUK ALAMI TRADISIONAL











Dijaman yang semakin modern ini banyak sekali tersedia berbagai jenis obat yang bisa digunakan. Namun dikarenakan harga yang tidak murah dan dampak dari obat kimia, sering kali seseorang lebih cenderung memilih obat batuk alami dan tradisional yang juga tidak kalah ampuhnya dibandingkan obat batuk kimia.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang kaya akan khasanah tanaman obat. Maka dari itu kita sebagai penduduk Indonesia tak ada salahnya memanfaatkan kekayaan alam tersebut. Selain mudah didapat, tanaman herbal ini juga memiliki efek samping yang lebih kecil dibanding obat-obat farmasi. Maka dari itu bagi anda yang menderita penyakit batuk, bisa memanfaatkan tanaman obat di bawah ini untuk dijadikan obat batuk.

OBAT BATUK ALAMI

1. Jeruk nipis

Selain untuk masakan, jeruk nipis sudah dikenal sejak dulu memiliki banyak khasiat termasuk mengobati batuk. Ramuan jeruk nipis ini bisa dipadukan dengan madu atau kecap. Caranya:
  • Jeruk nipis dan madu: Siapkan perasan jeruk nipis 1 banding satu dengan madu. 1 sendok jeruk nipis tambah 1 sendok madu. Minum 2-3 kali sehari rutin sampai batuk sembuh.
  • Jeruk nipis dan kecap: masih sama, yaitu 1 banding 1, 1 sendok perasan jeruk nipis tambah 1 sendok madu. Minum 2-3 kali sehari secara rutin.

2. Teh Jahe

Indonesia memiliki rempah yang melimpah termasuk jahe. Memadukan teh dengan jahe ternyata bisa bermanfaat untuk mengobati batuk. Caranya: siapkan 2-3 irisan jahe yang telah dibersikan, kemudian campurkan pada segelas teh hangat. Minum sebanyak 2-3 kali sehari secara teratur hingga batuk reda.

3. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh yang dikenal dengan rasanya yang cukup asam ternyata bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi batuk. Caranya: siapkan 10 buah blimbing wuluh, bersihkan lalu parut hingga halus. Masukan dalam gelas kemudian tambahkan air dan sedikit garam. Setelah itu saring campuran tadi dan buang ampasnya. Minum hasil saringan tadi sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore.

Obat Batuk Berdahak

Bagi penderita batuk yang disertai dahak bisa memanfaatkan tanaman obat dibawah ini:

1. Jahe dan Kencur

Siapkan Jahe secukupnya dan juga sedikit kencur. Parut jahe hingga halus kemudian campur dengan kencur. Setelah itu rebus dengan segelas air hingga mendidih. Minum hasil rebusan tadi selagi hangat. lakukan hal tersebut sehari 2 kali.

2. Jahe dan Daun Sirih

Caranya: rebus 7 lembar daun sirih dengan sedikit potongan jahe dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisah 1 gelas saja. Minum rebusan tadi minimal 1 kali sehari.

Obat Batuk Kering

Bagi penderita batuk kering bisa memanfaatkan beberapa tanaman dan rempah dibawah ini:

1. Jahe Merah

Rempah yang satu ini ampuh mengatasi batuk kering. Caranya: Siapkan jahe merah sebanyak sepotong ibu jari. Kemudian kunyah hingga halus telan airnya dan buang ampasnya.

2. Kunyit dan Merica

Kunyit sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang kaya akan kandungan antibiotik. Kandungan tersebut mambu mengatasi peradangan saluran pernafaasan yang mengakibatkan batuk kering. Caranya: siapkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok makan dan merica setengah sendok teh. Masukan campuran tersebut pada air mendidih kemudian aduk hingga rata. Minum ramuan tadi selagi hangat sebanyak 2 kali sehari.

Demikian beberapa tanaman obat yang bermanfaat sebagai obat batuk alami tradisional warisan nenek moyang kita. Masih banyak lagi jenis-jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk yang mungkin akan dibahas pada kesempatan lain. Semoga artikel ini bermanfaat mengatasi batuk yang anda derita. Apabila batuk yang diderita tak kunjung sembuh, ada baiknya segera memeriksakan ke dokter spesialis agar bisa di identifikasi penyebab batuk tersebut. Demikian, wassalam.

http://www.likethisya.com/obat-batuk-alami-tradisional.html
Previous
Next Post »
0 Komentar