Malaikat dan Tugasnya

08.24
Malaikat dan Tugasnya
Malaikat dan Tugasnya - Jumlah Malaikat sangat banyak. Hanya Allah SWT yang mengetahui persis jumlahnya. Akan tetapi, malaikat yang wajib kita ketahui hanya ada 10, yaitu sebagai berikut.
1. Malaikat Jibril, disebut juga ruhul qudus atau ruhul amin. Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada para rasul.
2. Malaikat Mikail, bertugas memberi rezeki, menurunkan hujan, dan mengatur sinar matahari.
3. Malaikat Israfil, bertugas meniup sangkakala dalam dua tiupan. Tiupan pertama untuk merusak alam seisinya. Tiupan kedua untuk membangkitkan segala yang mati dan mengumpulkannya di Padang Mahsyar untuk dihisab.
4. Malaikat Izrail disebut juga Malaikat Maut, bertugas mencabut nyawa setiap makhluk yang hidup.
5. Malaikat Raqib, bertugas mencatat amal baik manusia selama hidup di dunia.
6. Malaikat Atid, bertugas mencatat amal buruk manusia selama hidup di dunia.
7. Malaikat munkar, bertugas memeriksa (menanya) setiap ruh di dalam kubur.
8. Malaikat Nakir, tugasnya sama dengan malaikat Munkar.
9. Malaikat Malik, bertugas menjaga dan mengatur urusan neraka dan dibantu oleh Malaikat Zabaniyah.
10. Malaikat Ridwan, bertugas menjaga dan mengatur urusan surge.
Selain tugas-tugas tersebut, malaikat juga diperintahkan Allah untuk membantu manusia dalam hal-hal tertentu. Pernahkah kita mendengar kisah Perang Badar? Dalam perang ini, Allah mengutus seribu malaikat untuk membantu pasukan kaum muslimin. Dengan bantuan malaikat itu, kaum muslimin dapat memenangkan peperangan.
Allah Yang Maha Pemurah juga mengutus malaikat penjaga. Malaikat ini menjaga setiap manusia secara bergiliran. Mereka menjaga dan melindungi kita dari bahaya yang mengintai. Misalnya, gangguan binatang berbahaya ketika kita tidur. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur dan taat kepada Allah.
Previous
Next Post »
0 Komentar