Anak Rentan Terpapar Hoax, Begini Cara Mengatasinya

06.17
Anak Rentan Terpapar Hoax, Begini Cara Mengatasinya
Anak Rentan Terpapar Hoax, Begini Cara Mengatasinya
Anak yang hidup di masa kini lebih akrab dengan gadget daripada orang tuanya saat di usia yang sama.

Penyebaran arus informasi yang begitu cepat berpotensi dialami anak ketika berselancar di dunia maya, termasuk di dalamnya berita bohong ataupun yang bersifat provokatif.

Psikolog keluarga, Annelia Sari Sani, saat ditemui dalam sebuah acara diskusi, Kamis, 26 Januari 2017, berpendapat orang tua tidak boleh gagap teknologi dalam menghadapi anak yang hidup di era digital.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat anak mencari informasi di dunia maya.

1. Dampingi anak
Orang tua sebaiknya selalu berada di samping anak ketika mereka menggunakan gadget. Mendampingi berarti benar-benar memperhatikan apa saja aktivitas anak di dunia maya, bukan berada di samping, tapi sambil bermain gadget sendiri.

2. Diskusi
Ketika menemukan berita yang diduga tidak benar atau bersifat tidak baik, ajak anak berdiskusi, misalnya dengan bertanya bagaimana pendapatnya tentang berita itu dan dari mana sumbernya.

Anak usia 10 tahun menurut Annelia sudah dapat diajak berdiskusi.

3. Tanamkan nilai-nilai keluarga
Menanamkan nilai-nilai keluarga sedini mungkin sangat penting karena anak akan terus membawanya meski dia berada di luar lingkungan rumah. Ajarkan juga bahwa setiap keluarga memiliki nilai yang berbeda dan harus tetap menghormati perbedaan tersebut.

4. Manfaatkan parental control
Pilih gadget yang ramah anak, yang memiliki fitur parental control. Orang tua dapat mengatur apa saja yang dapat diakses perangkat tersebut.

ANTARA

Previous
Next Post »
0 Komentar