Ketahui, Ini Cara Meminta Maaf yang Tepat

20.19
Cara Minta Maaf, Menyesal, Minta maaf,
Agar hubungan dengan seseorang kembali baik, ketahui cara meminta maaf yang tepat atas kesalahan Anda.

Minta maaf merupakan hal yang tidak gampang. Terkadang, permintaan maaf yang hanya 'di mulut saja' membuat orang enggan memaafkan. Hal tersebut disebabkan karena seseorang tidak terlihat berniat besar untuk meminta maaf.

Padahal, penelitian dari University of Ohio mengatakan, bahwa permintaan maaf yang efektif, membuat orang akan benar-benar memaafkan Anda. Entah itu meminta maaf dengan teman, rekan kerja, atau keluarga, berikut enam hal penting yang harus Anda lakukan saat meminta maaf, seperti dilansir dari Cosmopolitan.com.

1. Ekspresi menyesal
Berikan ekspresi bahwa Anda benar-benar merasa bersalah dengan orang yang Anda sakiti. Coba pikirkan dalam hati alasan Anda merasa bersalah kepadanya. Katakan dalam hati jika "Aku benar-benar merasa bersalah telah mengomentari rambutmu" atau "aku minta maaf telah mengecewakanmu".

2. Berikan penjelasan
Jika Anda meminta maaf, berikan penjelasan tentang kesalahan Anda. Misalnya, "Aku tidak tahu kalau kamu sensitif tentang hal ini, aku kira kamu menganggap yang aku katakan lucu".

3. Bertanggung jawab atas kesalahan yang Anda perbuat
Berikan tanggung jawab atas kesalahan yang Anda perbuat. Katakan bahwa Anda benar-benar meminta maaf. "Seharusnya aku lebih berhati-hati, saya minta maaf".

4. Berjanji Anda tidak akan melakukan kesalahan yang sama
Minta maaf perlu diikuti dengan penyesalan untuk tidak pernah melakukan hal tersebut kembali. Seperti, Anda berjanji akan berpikir sebelum mengomentari hal yang sensitif. Dengan begitu, orang lain akan sadar bahwa Anda telah belajar dari kesalahan.

5. Menawarkan untuk memperbaiki
Jika Anda telah melakukan kesalahan, menawarkan untuk memperbaiki hubungan, lewat tawaran makan siang bersama, atau memperbaiki barang seseorang yang telah Anda rusak, merupakan sesuatu hal yang baik untuk dilakukan.

6. Meminta untuk dimaafkan
Anda akan terlihat besar hati dengan meminta untuk dimaafkan kepada orang yang telah Anda sakiti. Dengan begitu, orang tersebut melihat bahwa Anda tulus dan jujur ingin memperbaiki kesalahan Anda.

Sumber Link
Previous
Next Post »
0 Komentar