Cara Membuat Batagor Bandung Yang Enak Dan Renyah

14.49
Cara Membuat Batagor Bandung Yang Enak Dan Renyah - Batagor biasanya dapat dengan mudah kita jumpai di pinggir jalan atau yang biasa lewat di kota-kota kita. Namun batagornya tidak ada yang seenak bandung! Huhuhu

Rata-rata isi dari batagor sendiri menggunakan sedikit ikan atau bahkan pernah saya memakan batagor tanpa isi ikan. Memang sih rasanya lumayan, tapi kurang greget kalau tidak ada isinya. Masa sih kita harus rela-rela ke bandung hanya untuk membeli batagor? :

Dan kali ini saya akan membagikan resep batagor bandung asli seperti di kota bandungnya. Di sini saya menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Harus dicoba nih!. Yah setidaknya lumayan memenuhi hasrat saya memakan batagor.

cara membuat batagor


Sejarah Asal Usul Mula Batagor

Bandung yang terkenal sebagai pelopor batagor ini banyak mempunyai tempat di hati para penggemarnya. Jika kita sedang jalan-jalan ke kota bandung, cobain deh mampir ke tempat kuliner batagor. Yang paling terkenal batagornya adalah "Batagor Riri" yang sangat ramai pengunjungnya. Rasanya? Dijamin tidak mengecewakan!.

Nama batagor awalya singkatan dari kata "Bakso Tahu Goreng" yang kala waktu itu merupakan makanan tradisional khas bandung. Mengenai asal mula terciptanya batagor ini banyak sekali versi ceritanya. Akan tetapi saya akan membahas satu cerita saja ya.

Pada tahun 1973, ada seorang pemuda bernama Ihsan yang saat itu adalah tukang penjual bakso keliling. Ia biasa berjualan keliling di seputaran jalan Kopo, Bandung. Yang namanya berjualan, pastinya kita mengenal sepi dan ramainya pembeli.

Saat itu, pembeli yang datang membeli bakso Ihsan ini tak kunjung tiba, hingga mengakibatkan bakso yang ia jajakan menurun alias kurang laris. Sebelum bakso dan tahunya menjadi basi, ia berfikir keras bagaimanakah caranya membuat bakso dan tahu terjual kembali. Sehingga ia tetap menghasilkan uang dan penjualannya tidak menjadi defisit.

Muncul sebuah ide bahwa bakso dan tahu harus digoreng, kemudian dibagikanlah kepada tetangganya. Ternyata, respon yang diterima cukup baik dan tetangganya meminta membuatkannya lagi. Melihat responnya, Ihsan mulai menjajakan bakso tahu goreng bersamaan dengan bakso yang biasa ia jual. Alhasil, bakso tahu goreng tersebut menghasilkan banyak peminat yang membeli.

Melihat peluang usahanya cukup besar, maka ia mengembangkan bakso tahu goreng dengan menambahkan aroma ikan tenggiri dengan sambal khusus. Akhirnya masyarakat sekitar menyingkat nama makanan tersebut menjadi "Batagor".

Hingga kini banyak pedagang yang menirunya, terutama pada daerah asalnya, Bandung. Rasanya yang enak, gurih, dan renyah tanpa bahan pengawet.

Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Batagor Asli Bandung Yang Enak Dan Renyah
  • 100 gram tepung sagu
  • 1 butir telur ayam
  • 50 ml santan (encerkan)
  • 250 gram ikan fillet tenggiri (giling/haluskan)
  • 15 lembar kulit pangsit (bisa beli yang sudah jadi)
  • Minyak secukupnya
Bumbu yang dihaluskan dalam membuat batagor sederhana spesial bandung
  • 1 sdm kecap ikan
  • 2 sdm bawang putih (iris halus)
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
Bumbu kacang untuk pelengkap batagor bandung asli yang enak dan mudah
  • 2 sdm cabai merah (iris halus)
  • 1 sdm bawang putih (iris halus)
  • 100 gram kacang goreng (haluskan)
  • 200 ml air panas
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm sdt garam
  • kecap manis secukupnya
  • jeruk nipis secukupnya
Cara membuat batagor sederhana yang enak dan renyah asli bandung
  1. Siapkan wadah, masukan ikan tenggiri, telur, bumbu yang sudah dihaluskan, tepung sagu, minyak goreng dan santan encer. Aduk dan campur hingga rata
  2. Setelah merata, siapkan kulit pangsit, letakkan adonan ikan tenggiri ke tengah permukaan kulit pangsit. Lipat dan goreng sampai warnanya kuning keemasan atau bisa kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan dahulu.
Cara membuat bumbu kacang yang enak untuk batagor bandung
  1. Tumis bawang putih dan cabai hingga harum. Angkat dan haluskan.
  2. Setelah itu, masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam mangkok, tambahkan garam, gula pasir, kacang yang sudah dihaluskan, dan air panas. Aduk hingga merata.
Cara penyajian batagor bandung dengan bumbu kacang
  1. Potong batagor sesuai dengan selera anda, dan taruh di piring saji.
  2. Kemudian siram bumbu kacang ke permukaan batagor. Tuangkan kecap sebanyak yang anda suka.
  3. Jika kalian mau menambahkan saus sambal juga boleh.
  4. Kemudian jeruk nipis dibelah dan tuangkan perasan jeruk nipis diatas batagor.
  5. Batagor bandung yang enak dan renyah siap disantap.
Terima kasih anda telah membaca Cara Membuat Batagor, semoga cara membuat batagor ini bermanfaat bagi pembaca, dan bagi anda yang ingin membuat batagor, saya doakan semoga anda diberi kelancaran dan kesuksesan dalam cara membuat batagor yang renyah dan lezat.
Previous
Next Post »
0 Komentar