Apabila ada Link atau halaman yang Eror mohon laporkan di kolom komentar. Terimakasih atas perhatiannya.

Cara Membuat Cilok Mantap dan Lezat

8:41 PM
Cara Membuat Cilok Mantap dan LezatCilok merupakan jajanan yang terbuat dari bahan tepung terigu dan tepung kanji yang diberi sedikit daging dan diolah dengan cara di rebus, cilok ini resep camilan khas dari daerah jawa barat. Jajanan ini sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat bahkan sudah familiar sekali di seluruh indonesia. Bukan hanya anak-anak saja yang menyukai jenis makanan yang lezat ini tetapi kalangan remaja dan dewasa pun juga hobi menyantapnya, harganya pun relatif murah dan banyak sekali yang menjualnya menggunakan gerobak dorong dipinggir jalan sehingga kita mudah untuk membelinya.

Tetapi alangkah baiknya jika kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Jajanan ini cocok sekali dinikmati saat bersantai, nonton acara televisi, ngumpul bersama keluarga ataupun kerabat terdekat Anda
Cara Membuat Cilok Yang Lezat


Resep Membuat Cilok Sederhana

Cilok ini mantap sekali jika dimakan bersama saus sambal, saus tomat ataupun sambal kacang, pasti lebih mantap dan membuat hidup kita lebih berwarna dan bermakna. dari pada penasaran langsung saja deh kita siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti, mangkuk, panci, sendok, piring dan lain sebagainya, nah setelah selesai menyiapkan peralatan yang dibutuhkan sekarang giliran bahannya yang kita siapkan.


Bahan-bahan Membuat Cilok Sederhana :
  • 500 gram tepung kanji.
  • 250 gram tepung terigu.
  • Air panas secukupnya (kira-kira saja, tdk ada takarannya, tapi jgn terlalu banyak).
  • Garam, gula, merica secukupnya.
  • Irisan daun bawang.

Berikut bahan untuk isi cilok :
  • Gajih sapi atau abon atau sosis atau keju.
Berikut bahan untuk bumbu kacang :

  • 150 gram kacang tanah yg sdh digoreng.
  • Gula merah secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • 3 siung bawang putih.
  • 3 buah cabe merah keriting (sesuai selera).
Langkah-langkah membuat
  1. Tepung terigu, garam, gula, merica dicampur dengan air panas sampai basahnya merata (jangan sampai terlalu cair).
  2. Setelah menunggu sampai agak dingin masukkan tepung kanji, daun bawang, lalu uleni.
  3. Setelah kalis, siapkan air untuk merebus yang sudah diberi garam dan sedikit minyak.
  4. Bentuk adonan menjadi bulatan (bisa diisi gajih atau abon atau keju atau sosis atau daging ayam atau sapi) dan masukkan pada air yg mendidih. Jika telah mengapung dan berwarna mengkilat, angkat lalu tiriskan.

Cara membuat bumbu kacang :

  1. Semua bahan di blender lalu didihkan sampai mengental.
Cara Membuat Cilok Yang Lezat



Resep Membuat Cilok Sederhana

Nah mudah sekali bukan proses pembuatan cilok, tidak usah berfikir panjang lagi deh langsung saja menyiapkan bahan dan langsung mencoba membuatnya di rumah. jika ada waktu luang simak juga menu resep lainya di blog saya ini. Selamat mencoba dan berkreasi ya.
Previous
Next Post »

1 comment