Cara Membuat Cireng Renyah Empuk

02.11
Cara Membuat Cireng Renyah Empuk - sangat enak banget apalagi kalah dengan sambal petisnya yang pedas, wah jadi kepingin makan gorengan ini lagi nih. Dulu pertama kali liat cireng, saya berpendapat bahwa ini sama saja seperti gorengan lainnya. Namun pas sudah mencicipinya ternyata ada sesuatu yang beda karena agak kenyal empuk namun sangat renyah. Jangan pernah ada rasa bosan anda mencobanya terus ketika gagal membuatnya supaya bisa jadi renyah crispy. Cireng ada juga yang pakai isi yang beraneka ragam, namun saya belum pernah mencicipi apalagi untuk membuatnya yang pakai isi.

Dengan bahan yang sederhana namun jajanan ini cukup populer di luar kota bandung, banyak di berbagai daerah yang menjualnya. Ketika bikin cireng pasti bertujuan agar bisa sama enaknya sama kaya abang gorengan yang menjualnya ataupun harus lebih enak lagi. Namun kadang orang menyerah membuatnya pada percobaan pertama kali kalau gagal membuatnya jadi renyah, untuk itu harus dibutuhkan ketelatenan agar cireng yang dibikin sesuai dengan yang diharapkan. Gimana apa sudah kepingin bikin langsung, kalau begitu mari kita santap langsung jajanan khas kota bandung berikut ini.
Cara Membuat Cireng Renyah Empuk



Sediakan terlebih dahulu bahan cireng:
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1/4 kg tepung kanji atau tapioka
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 1 gelas santan
  • secukupnya garam dan penyedap rasa
  • 2 batang daun seledri, iris tipis
Resep Cireng
  1. Tumis bawang putih halus sampai harum, tambahkan santan lalu aduk-aduk dan masak hingga mendidih. angkat dan sisihkan dulu.
  2. Sediakan wadah, lalu campur tepung terigu dan tepung aci.
  3. Tambahkan irisan daun bawang, penyedap rasa, garam dan merica. aduk hingga merata.
  4. Tuangkan hasil tumisan kedalam wadah adonan tepung, sambil di aduk rata ya dan di uleni agar menjadi kalis.
  5. Bentuk adonan menjadi bulat pipih, lalu goreng dengan minya yang sudah panas dengan api kecil saja.
  6. Goreng hingga matang atau berwarna kuning kecoklatan. angkat dan tiriskan.
Sangat enak di santap dengan sambal petis, biar tambah maknyus dan mantap. Untuk resep cara membuat cireng renyah crispy tadi itu untuk yang tanpa isi karena menurut saya lebih maknyus yang tanpa isi. Namun jika ingin cireng dengan isi nanti dilain kesempatan akan suka masak hadirkan kembali sebagai pelengkap agar kawan-kawan tidak perlu repot mencarinya lagi. Semoga bisa menjadi pelajaran berharga untuk pembahasan kali ini, selamat mencoba.

Sumber : http://www.sukamasak.net/2015/02/resep-cireng.html
Previous
Next Post »
0 Komentar