Apabila ada Link atau halaman yang Eror mohon laporkan di kolom komentar. Terimakasih atas perhatiannya.

Peran Pendidikan dalam Islam

2:52 PM
Peran Pendidikan dalam Islam

Peran Pendidikan dalam Islam - Tugas menyampaikan dan menyiarkan agama islam ke seluruh penjuru negeri membutuhkan orang-orang yang pandai. Hal ini disadari Rasulullah. Oleh karena itu, Rasulullah sangat memperhatikan masalah pendidikan. Wahyu pertama yang diterima Rasulullah berisi kewajiban untuk belajar.

“Bacalah dengan (menyeru) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmulah yang paling Pemurah yang mengajar (manusia) dengan perantara qalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-Alaq)

Rasululah memberikan pelajaran tentang persatuan, persaudaraan dan cinta kasih terhadap sesama manusia, budi pekerti yang sopan santun sesuai ajaran islam.

Sebab-sebab yang mendorong berkembangnya pendidikan pada zaman Rasulullah, yaitu :

1. Penyebaran agama islam membutuhkan orang-orang yang pandai membaca dan menulis, karena ayat-ayat Al-Qur’an harus ditulis kemudian dibaca kepada khalayak ramai.

2. Islam menyebarkan berbagai ajaran, seperti sejarah, hokum, politik, ekonomi dan social kemasyarakatan.

3. Ayat-ayat Al-Qur’an banyak menerangkan keharusan umat manusia berpikir tentang alam semesta, seperti Firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 190 yang berbunyi : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal”. (QS. Ali Imran)
Previous
Next Post »
0 Komentar