Cara Membuat Link / Tautan Antar Halaman Di Blogspot

08.56
Cara Membuat Link / Tautan Antar Halaman
Cara Membuat Link / Tautan Antar Halaman ~ Setiap blog biasanya memiliki tautan yang disebut link. Link ini berfungsi untuk menautkan / mengaitkan antara halaman yang satu dengan halaman yang lain. Pada dasarnya link hanya sebuah tautan, yang membedakannya adalah tujuan kemana ia dikaitkan.

Berdasarkan arahnya link / tautan terdiri atas dua jenis :
  • Link Internal : Link yang menghubungkan antara satu halaman artikel dengan halaman artikel lainnya yang masih dalam satu blog
contoh : tautan cara membuat email baru merupakan link yang menuju artikel yang ada di blog ini juga
  • Link External : Link yang menghubungkan antara satu halaman artikel dengan halaman artikel lainnya yang berlainan blog. 
contoh : tautan www.blogger.com merupakan link yang menuju artikel lain yang terdapat di luar blog ini

cukup jelas ??

Nah, bagaimana cara membuat link tersebut ? Jika Anda yang pemula masih bingung, silahkan simak langkah-langkahnya berikut :

Cara Membuat Link Blogspot dengan Kode HTML


Misalnya alamat halaman cara membuat email baru yang ingin dikaitkan adalah

http://darul-pikri.blogspot.com/2014/06/cara-membuat-email--baru-gmail-indonesia.html

maka untuk membuat tautannya adalah dengan mengetikan teks seperti berikut ini

<a href="http://darul-pikri.blogspot.com/2014/06/cara-membuat-email--baru-gmail-indonesia.html">cara membuat email baru</a>

Cara Membuat Link Blogspot dengan Tombol Link

Perhatikan gambar di bawah ini

 
Cara Membuat Link Blogspot dengan Tombol Link

Saat berada di layar entri blog, ada tombol "Link" yang dapat Anda pergunakan untuk memudahkan membuat link blogspot. Jika Anda ingin membuat tautan seperti yang di atas dengan cara ini maka langkah pertama adalah copy alamat link yang berwarna biru di atas kemudian paste kan di kolom nomor 2 - web address, (Perhatikan gambar di bawah ini).

Dan pada kolom 1 tuliskan teks yang ingin ditampilkan, misalnya cara membuat email baru seperti teks berwarna merah di atas. Dan untuk memastikan Link yang dikaitkan benar atau tidak, Anda bisa mencoba mengklik "Test this link"

tombol edit link

Centang "open this link in a new window" Jika Anda menginginkan saat membuat link akan terbuka tab baru, Kemudian centang juga kolom attribute jika link yang dibuat menuju halaman blog lain, Dan biarkan saja jika link tersebut menuju halaman lain di blog yang sama.

Nah, Saat ini tentu Anda sudah lebih memahami cara membuat link / tautan antar halaman di blogspot, Gunakanlah cara yang kedua untuk mempermudah dan meminimalisir kesalahan membuat tautan. Semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses
Previous
Next Post »
0 Komentar