Ini Desain Smartphone Masa Depan, Seperti Apa?

15.24
Ini Desain Smartphone Masa Depan, Seperti Apa?
Desain smartphone Alo yang dibuat oleh dua desainer asal Prancis (sumber; dezeen.com)

Desain smartphone memang tak dimungkiri menjadi nilai tambah tersendiri. Namun tak dimungkiri dalam beberapa tahun terakhir, desain smartphone pada dasarnya tak banyak mengalami perubahan berarti.

Karenanya dua desainer berkebangsaan Prancis, Phillipe Starck dan Jerome Olivet, menawarkan sebuah desain smartphone untuk masa depan. Ada dua inti dari pengembangan desain smartphone ini, yaitu hologram dan perintah suara.

Bagi yang belum mengenal Philipe Starck, ia merupakan orang yang turut bertanggung jawab atas desain Xiaomi Mi Mix. Ia merupakan desainer dari smartphone yang memiliki bezel tipis tersebut.

Dikutip dari Ubergizmo, Selasa (31/1/2017), smartphone bernama Alo ini dibayangkan berada di masa teknologi perintah suara telah mendominasi. Jadi, pengguna tak memerlukan banyak sentuhan untuk mengoperasikan smartphone tersebut.

Seluruh operasi yang ada di smartphone ini akan dijalankan dengan perintah suara. Untuk itu, layar sentuh tak diperlukan lagi dan konten yang keluar dari smartphone ini ditampilkan dalam bentuk hologram tiga dimensi.

"Seluruh fungsi pada Alo didasarkan pada suara, membaca SMS dan email, termasuk untuk membalasnya pengguna cukup mendikte pesan alih-alih mengetiknya," tutur Olivet, yang dikenal sebagai spesialis dalam desain produk untuk teknologi baru.

Kamera pada Alo juga berfungsi layaknya 'mata'. Tak sekadar menampilkan konten pesan atau film secara hologram, kamera ini juga digunakan untuk membaca teks atau mengenali wajah manusia.

Desain utama Alo dibentuk dari alumium alloy. Casing Alo juga berfungsi sebagai haptic interface, yang dapat memberikan umpan balik dalam bentuk getaran maupun panas.

Meskipun perubahan yang ditawarkan terkesan radikal, desain smartphone ini pada dasarrnya tetap berangkat dari perkembangan teknologi saat ini.

Seperti diketahui, sejumlah perusahaan teknologi kini telah mulai menawarkan perangkat yang dibekali dengan asisten virtual berbasis suara.

Untuk sementara, Alo memang masih berupa konsep. Kendati demikian, Olivet tetap berencana untuk mengembangkan desain ini menjadi sebuah purwarupa. Bagaimana menurutmu, apakah desain smartphone di masa depan akan menjadi seperti ini?

Sumber Link
Previous
Next Post »
0 Komentar