Etika Anak Kepada Saudaranya

06.11
Etika Anak Kepada Saudaranya

Etika Anak Kepada Saudaranya - Saudara dan saudarimu adalah orang yang paling dekat denganmu setelah kedua orang tuamu. Apabila kamu menginginkan bapak dan ibumu senang  kepadamu, maka bersikaplah sopan santun kepada mereka dengan menghormati mencintai, mengikuti nasihat-nasihatnya, dan menyayangi kakak dan adikmu. Caranya, yaitu dengan tidak menyakiti mereka, baik memukul maupun mencaci maki. Selain itu, tidak memutuskan hubungan kekerabatan, harus hidup dengan rukun. Hal itu akan membuat senang kedua orang tuamu.
Dengan saudara, baik kakak maupun adik harus saling mengalah dan berbagi. Misalnya, ketika masuk WC, ketika bermain, duduk di atas kursi ataupun hal yang lain. Kamu harus selalu bersabar. Hal ini termasuk yang menyenangkan hati kedua orang tuamu dan mendapatkan ridha hatinya.
Hiburlah saudaramu ketika ia mendapat kesulitan dan (perlihatkanlah) empatimu itu dengan lembut dan kasih sayang agar ia tidak larut dalam kesedihan. Jauhilah banyak bergurau karena dapat mengakibatkan kedengkian dan permusuhan.

Baca juga : Etika Anak Kepada Kerabat
Previous
Next Post »
0 Komentar