Kehidupan Sesudah Hari Kiamat

21.53
Kehidupan Sesudah Hari Kiamat

Kehidupan Sesudah Hari Kiamat - Orang beriman meyakini bahwa semua manusia akan dihidupkan kembali sesudah peristiwa kiamat. Mula-mula Allah SWT menghidupkan Malaikat Israfil untuk melaksanakan tugasnya meniup serunai untuk membangkitkan kembali manusia dari alam kuburnya. Hari bangkitnya manusia dari alam kubur itu disebut “Yaumul ba’ats”.
Manusia yang telah dibangkitkan itu dikumpulkan oleh Allah SWT di suatu tempat yang dinamakan “Padang Mahsyar”. hari berkumpulnya manusia di Padang mahsyar disebut “Yaumul Mahsyar”. Di sana manusia menungggu pengadilan Allah SWT guna mempertanggungjawabkan segala amal perbuatan yang baik dan yang buruk selama hidup di dunia.
Manusia akan menerima “catatan amal” yang ditulis oleh malaikat Raqib dan‘Atid sewaktu mereka hidup di dunia. Semua perbuatannya tercatat dengan teliti.Apabila ia menerima catatan amalnya dengan tangan kanan, pertanda akan baik nasibnya. Sebaliknya, apabila ia menerimanya dengan tangan kiri berarti pertanda buruk baginya.
Setiap amal perbuatan manusia sekecil apa pun akan diperhitungkan oleh Allah SWT. Hari perhitungan amal itu disebut “yaumul hisab”. Kemudian, amal itu ditimbang oleh Allah SWt dengan seadil-adilnya. Tidak ada seorang pun yang dirugikan dalam penimbangan tersebut. Hari penimbangan amal disebut “yaumul mizan”. Bagi orang yang berat amal kebajikannya, ia akan mendapat kehidupan bahagia dan akan ditempatkan ke dalam surga. Sebaliknya, bagi orang yang berat amal kejahatannya, ia akan mendapat siksa dan dimasukan ke neraka. Hari pembalasan itu disebut “yaumul jaza”.
Adapun surga dan neraka masing-masing ada 7 macam.
1) Nama-nama surga:
a) Surga Firdaus,
b) Surga Ma’wa,
c) Surga Khuldi,
d) Surga Na’im,
e) Surga Adnin,
f) Surga Darussalam, dan
g) Surga Darul Jalal.
2) Nama-nama neraka:
a) Neraka Jahanam,
b) Neraka Lado,
c) Neraka Hutomah,
d) Neraka Sa’ir,
e) Neraka Saqar,
f) Neraka Jahim, dan
g) Neraka Hawiyah
Previous
Next Post »
0 Komentar