Perbedaan Antara Zakat, Infaq dan Shodaqoh

21.59
Perbedaan Antara Zakat, Infaq dan Shodaqoh

Perbedaan Antara Zakat, Infaq dan Shodaqoh - Penjelasan tentang makna terminology dari zakat, kita telah mengetahui bahwa zakat adalah kewajiban harta yang spesifik, memiliki syarat tertentu, alokasi tertentu dan waktu tertentu. Adapun infaq yaitu mengeluarkan harta yang mencakup zakat dan non zakat.
Infaq ada yang wajib ada yang sunnah. Infaq wajib di antaranya kafarat, nadzar, dan lain-lain. Infaq sunnah di antaranya infaq kepada fakir miskin sesama muslim infaq bencana alam dan lain-lain.
Adapun Shodaqoh maknanya lebih luas dari zakat dan infaq. Shodaqoh dapat bermakna infaq, zakat, dan kebaikan non materi. Dalam hadits riwayat Muslim Rasullloh Saw memberi jawaban kepada orang-orang miskin yang cemburu terhadap orang kaya yang banyak bershodaqoh dengan hartanya, beliau bersabda;
“Setiap tasbih adalah shodaqoh, setiap takbir shodaqoh, setiap tahmid shodaqoh, setiap tahlil shodaqoh, dan menyalurkan syahwatnya pada istri juga shodaqoh”.
Shodaqoh adalah ungkapan kejujuran (shidq) iman seseorang. Oleh karena itu, Alloh SWT menggabungkan antara orang yang memberi harta dijalan Alloh dengan orang yang membenarkan adanya pahala yang terbaik. Antara yang bakhil dengan orang yang mendustakan. Disebutkan dalam surah Al-Lail ayat 5-10 artinya: “ Adapun orang yang memberikan (hartanya dijalan Alloh) dan bertaqwa, dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), maka Kami kelak akan menyiapkan baginya (jalan) yang mudah. Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup serta mendustakan pahala yang terbaik, maka kelak Kami menyiapkan baginya (jalan) yang sukar”.
Previous
Next Post »
0 Komentar