Resep Ayam Goreng Tepung Crispy Renyah, Keriting dan Mudah

23.39
Bismillahirrahmaniirahim.
Resep Ayam Goreng Tepung Crispy Renyah, Keriting dan Mudah - Berbagai menu masakan dari bahan daging ayam sudah sangat populer, baik sebagai main dish ataupun sebagai pelengkap / isian jajanan. Resep masakan olahan daging ayam antara lain ayam bakar, opor ayam, ayam goreng tepung crispy, ayam panggang, steak ayam dan masih banyak lainnya. kadang ayam juga dijadikan bahan isian jajanan seperti lemper, sosis solo dan juga berbagai roti. Membahas berbagai menu olahan ayam menang tidak akan ada habisnya.

Pada kesempatan kali ini, haniyakitchen mencoba membuat ayam goreng crispy. Menu favorit keluarga bukan hanya anak- anak, orang dewasa pun menyukainya. Sebenarnya sudah lama sekali ingin bisa membuat ayam goreng crispy ala KFC, tapi selama ini belum pernah berhasil membuatnya, biasanya hanya pake tepung bumbu ayam goreng instan.

Untuk project ini haniyakitchen sampai mencoba 3 resep ayam crispy sekaligus.. (resep dari hasil gugling yang dimodifikasi ya)...saking penasarannya ..hehe..mana resep yang menghasilkan ayam goreng crispy yang awet kriuknya, , gurih, renyah dan pastinya kriting bergelombang.

Percobaan pertama menggunakan telur dan campuran tepung terigu dan tapioka..hmm..kurang suka hasilnya..kritingnya dapat, pas masih hangat kriuk n renyah tapi bgitu dingin ayam jadi tidak kriuk lagi alias lembek..NOTE : jika ingin awet kriuknya jangan pakai telur.

Percobaan kedua menggunakan campuran tepung terigu dan tapioka..hasilnya kriting, kriuk..awet kriuknya lumayan tapi ada sedikit alotnya.

Percobaan ketiga menggunakan campuran tepung terigu dan maizena dan sedikit baking powder dan tepung beras..hasilnya kriting, n kriuk..lumayan awet kriuknya.
Dari ketiga resep itu..saya suka yang percobaan resep ketiga..mendekati yang saya harapkan.
Penasaran..bagaimana cara membuat ayam goreng crispy ala KFC yang renyah dan gurih ? ternyata tidak sulit untuk membuat ayam goreng tepung crispy ini. Mari simak step by stepnya resep ayam goreng tepung crispy...

Langkah pertama, siapkan ayamnya dulu ya..potong potong dan cuci bersih. ayam yang sudah dipotong di sayat sayat- sayat. kemudian bumbui dengan bawang putih,lada, kaldu ayam bubuk, dan garam. aduk hingga tercampur rata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap.
Langkah berikutnya adalah membuat adonan kering, campur semua bahan kering dan aduk hingga tercampur rata.


Masukan satu per satu ayam yang sudah di bumbui tadi ke dalam adonan kering hingga rata menyelimuti ayam bahkan ke dalam sayatan daging ayam.


Siapkan wadah untuk membuat adonan cair, ambil 2 atau 3 sdm adonan kering tadi dan tambahkan sedikit air. Celup ke dalam adonan cair, usahakan adonan cairnya tidak terlalu encer karena ini akan membuat kritingnya tidak cantik.


Kemudian masukkan ke dalam adonan kering setengah tenggelam, lalu remas- remas. masukkan lagi ke tepung sampai setengah tenggelam, lalu remas- remas lagi sampai mendapatkan kulit yang tebal.


Angkat ayam dari adonan kering, kibas - kibaskan ke kiri, ke kanan, atas dan bawah sehingga akan terbentuk kriting yang cantik.
NOTE : dalam melapisi tepung sebaiknya dilakukan satu per satu. Ayam yang sudah diremas - remas dan dikibas kibaskan tadi harus langsung di goreng agar tepung yang sudah melekat diayam tadi tidak menggumpal dan tepungnya tetap crispy.


Panaskan minyak, lalu goreng potongan ayam dalam minyak yang banyak sampai warna daging ayam berubah kuning kecoklatan dan matang. Angkat, tiriskan.
NOTE : gunakan api yang kecil saat menggoreng sehingga ayam akan matang dengan sempurna.
Sajikan ayam goreng tepung crispy dengan saus tomat atau saus sambal.. agar lebih awet kriuknya, setelah dingin simpan ayam kedalam wadah kedap udara.
Selamat mencoba ya..semoga berhasil... :D


Resep Ayam Goreng Tepung Crispy, Kriting dan Renyah
Bahan-bahan Ayam Goreng Tepung :
  • 1/2 kg Ayam (potong-potong)
  • 1 sdt Bawang putih bubuk (garlic powder)/ bawang putih cincang.
  • 1 sdt Lada bubuk
  • 1/4 sdt chili powder ( boleh skip kalo tidak suka pedas)
  • garam secukupnya
  • Minyak (untuk menggoreng) secukupnya
  • Air secukupnya
Bahan Pelapis Kering Ayam Goreng Tepung :
  • 300 gr Tepung terigu ( untuk hasil lebih renyah pake yang protein rendah)
  • 75 gr Tepung maizena 
  • 1 sdm Tepung beras
  • 1/2 sdt Baking powder
  • 1/4 sdt Baking soda
  • 1 sdt Kaldu instan bubuk(rasa ayam)
  • 1 sdt Bawang putih bubuk (garlic powder) 
  • Garam secukupnya.
Cara Membuat Ayam Goreng Tepung Crispy :
  1. Siapkan ayamnya dulu ya..potong potong dan cuci bersih. ayam yang sudah dipotong di sayat- sayat. Kemudian bumbui dengan bawang putih,lada, kaldu ayam bubuk, dan garam. Aduk hingga tercampur rata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap.
  2. Siapkan wadah untuk membuat adonan kering, campur semua bahan kering dan aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukan satu per satu ayam yang sudah di bumbui tadi ke dalam adonan kering hingga rata menyelimuti ayam bahkan ke dalam sayatan daging ayam.
  4. Siapkan wadah untuk membuat adonan cair, ambil 2 atau 3 sdm adonan kering tadi dan tambahkan sedikit air. Celup ke dalam adonan cair, usahakan adonan cairnya tidak terlalu encer karena ini akan membuat kritingnya tidak cantik. (lakukan satu per satu)
  5. Kemudian masukkan ke dalam adonan kering setengah tenggelam, lalu remas- remas. Masukkan lagi ke tepung sampai setengah tenggelam, lalu remas- remas lagi sampai mendapatkan kulit yang tebal.
  6. Angkat ayam dari adonan kering, kibas - kibaskan ke kiri ke kanan, atas dan bawah sehingga akan terbentuk kriting yang cantik. lakukan satu persatu dan langsung digoreng ya..jangan didiamkan dulu.
  7. Panaskan minyak, lalu goreng potongan ayam dalam minyak yang banyak sampai warna daging ayam berubah kuning kecoklatan dan matang dengan api yang kecil. Angkat dan tiriskan.
  8. Sajikan bersama saus tomat atau saus sambal.
Walaupun prosesnya tampak panjang tapi resep ayam goreng tepung crispy ini sangat mudah untuk dipraktekkan. Jadi, jangan takut untuk mencoba..selamat memasak..

http://www.haniyakitchen.com/
Previous
Next Post »
0 Komentar