3 Hal yang Dapat Dilakukan di Chrome Saat Offline

6:18 AM
cara browsing offline di google chrome, cara browsing offline di android, cara browsing di google, cara internet offline di android, cara internetan secara offline, cara internetan offline di android, internet offline android, cara bermain game di google chrome.

3 Hal yang Dapat Dilakukan di Chrome Saat Offline
3 Hal yang Dapat Dilakukan di Chrome Saat Offline

Google Chrome dikenal selalu membutuhkan koneksi internet untuk berjalan secara utuh. Hal itu wajar mengingat aplikasi ini merupakan peramban sehingga internet menjadi sumber utama agar dapat berjalan dengan baik.


Kendati demikian, aplikasi buatan Google ini sebenarnya mampu melakukan banyak hal selain sekadar menjelajah internet. Bahkan, sejumlah fungsi Chrome ternyata dapat diakses tanpa hubungan internet.

Baca juga : Tips Hasilkan Foto Keren Pakai Smartphone dan Kardus

Lantas, apa saja fungsi dari Chrome yang dapat digunakan dalam keadaan offline? Berikut ini sejumlah fitur di Chrome yang dapat kamu gunakan tanpa memerlukan akses internet seperti dikutip dari Popular Science, Rabu (6/9/2017).

1. Akses Gmail

Fitur ini memang tak banyak diketahui pengguna, tapi sebenarnya email yang ditampung di Gmail dapat diakses tanpa internet. Untuk melakukannya, kamu cukup memasang ekstensi Gmail Offlline saat sedang terhubung ke internet.

Dengan memanfaatkan ekstensi ini, email di Gmail akan tersinkronasi dengan hard drive bawaan sehingga dapat diakses saat offline. Setelah memasangnya, kamu dapat mengatur durasi email yang ingin diunduh.

Kamu bisa mengaturnya mulai dari seminggu, dua minggu, hingga satu bulan. Sekadar informasi, tampilan Gmail dalam keadaan offline ini akan sedikit berbeda dari biasanya.

Namun perlu diingat, email yang dapat dilihat hanya yang sudah termuat di peramban sehingga tak dapat membuka email secara real-time. Saat membalas pesan masuk pun, kamu baru dapat melakukannya setelah kembali online.

2. Akses banyak layanan Google

Sekadar informasi, Google Drive, Docs, Sheets, dan Slides dapat diakses dalam keadaan tak terhubung internet. Karena itu, kamu dipastikan masih dapat menggunakan ketiga aplikasi itu saat offline.

Untuk mengaturnya, kamu cukup membuka Google Drive dan mengaktfikan fitur offline. Setelah itu, seluruh dokumen, spreadsheet, dan presentasi akan tersimpan di hard drive perangkat.

Selama offline, kamu tetap dapat membuat dokumen baru dan mengedit dokumen yang sudah termuat. Namun kamu tak dapat mengakses file seperti video atau musik di Google Drive kecuali sudah mengunduhnya terlebih dulu secara terpisah.

3. Bermain Gim

Sebenarnya kamu tetap dapat bermain gim secara offline di Chrome. Namun untuk melakukannya, kamu perlu mengunduh gim di Chrome Web Store.

Di toko aplikasi ini kamu dapat menemukan sejumlah aplikasi, gim, dan beragam kelengkapan yang dapat diakses saat tak terhubung dengan internet. Untuk itu, kamu dapat memainkan gim yang tersedia di sini.

Terakhir, Chrome sebenarnya memiliki gim tersembunyi yang hanya dapat dimainkan dalam keadaan offline. Ketika tak ada koneksi internet, biasanya akan muncul ikon dinosaurus di layar.

Kamu cukup menekan tombol Space (spasi di keyboard) dan dinosaurus itu akan berjalan menghindari halangan. Coba mainkan dan raih nilai tertinggi.

(Dam/Ysl)

Previous
Next Post »
0 Komentar