Cara Membuat Seblak Basah Makaroni Pedas Bandung

00.07
Cara Membuat Seblak Basah Makaroni Pedas Bandung


Cara Membuat Seblak Basah Makaroni Pedas Bandung, cemilan asal kota Kembang Bandung yang satu ini cara membuatnya mudah dan sederhana. Rasanya yang enak semakin membuat makanan ini cepat terkenal di tataran sunda, tidak terkecuali Ibu Kota Propinsi Jawa Barat, Bandung. Seblak Basah Makaroni yang pedas ini rasanya hampir sama dengan seblak kerupuk.

Seblak banyak sekali variasinya, namun yang jelas makanan ini memiliki citarasa yang kuat dengan aroma yang dapat meningkatkan selera makan. Pedas, gurih dan rasanya yang hangat akan menjamin anda sedikit berkeringat dan muka menjadi ceria.

Baca juga : cara membuat seblak basah khas Bandung


Agar rasanya lebih variatif dan bergizi, anda dapat menambahkan irisan bakso, sosis, ceker ayam yang sudah direbus terlebih dahulu hingga empuk (matang), atau ditambahkan sayur mayur seperti kubis, wortel, dan sawi.


Tidak hanya makaroni saja untuk dijadikan bahan utamanya, kita bisa berkreasi membuat seblak basah dengan menggunakan kerupuk sumber sari (untuk pelengkap bubur ayam), pasta spagheti, mie, atau kwetiau.


RESEP SEBLAK BASAH MAKARONI PEDAS

Bahan:

  1. Makaroni > 250 gram
  2. Air secukupnya
  3. Garam > ½ sdt, atau sesuai selera
  4. Gula pasir > ½ sdt, atau sesuai selera
  5. Minyak > 3 sendok makan untuk menumis

Bumbu Halus :
  1. Bawang merah > 5 butir
  2. Bawang putih > 3 siung 
  3. Kencur/cikur > 1 ruas jari
  4. Cabe rawit merah > 3-5 buah, atau sesuai selera

Cara Membuat Seblak Basah Makaroni Pedas :
  1. Makaroni terlebih dahulu direndam atau direbus agar lebih cepat dalam air panas hingga kenyal atau setengah matang. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan makaroni basah, garam dan gula pasir, aduk rata. Uji rasa untuk memastikan rasanya sudah sesuai dengan yang anda inginkan.
  3. Tuang 50 ml air panas, masak sebentar hingga hingga air surut dan semua bahan matang.
  4. Angkat dan sajikan.
Sekian tips Cara Membuat Seblak Basah Makaroni Pedas Bandung, semoga bermanfa'at.

Selanjutnya : cara membuat donat lembut mudah
Previous
Next Post »
0 Komentar