Tanda-Tanda Hari Akhir

22.22
Tanda-Tanda Hari Akhir

Tanda-Tanda Hari Akhir - Untuk mengetahui kedahsyatan Hari Akhir, kita dapat menyimak surah Al Qari’ah berikut.
“Hari kiamat. Apakah hari kiamat itu? Tahukah kamu, apakah hari kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.”
Setelah semua kehidupan musnah, kemudian akan datang tahap kehidupan kedua. Kehidupan kedua ini terjadi di alam akhirat. Pada hari tersebut, Allah SWT membangkitkan kembali manusia, jin, dan malaikat. Kemudian Allah, memperhitungkan amal perbuatan manusia dan jin dengan adil. Orang yang baik akan mendapatkan kenikmatan abadi disurga. Bagaimana dengan orang yang banyak melakukan dosa?
Kiamat akan datang dengan tiba-tiba. Tidak ada seorang pun yang mengetahui kepastian datangnya. Hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Meskipun begitu, ada beberapa cirri yang menandakan akan datangnya kiamat. Apakah tanda-tanda tersebut?
a. Manusia sudah tidak malu lagi berbuat kejahatan atau perbuatan yang dilarang agama.
b. Manusia sudah tidak malu memperlihatkan atau mempertontonkan auratnya di depan umum.
c. Manusia mengalami kerusakan akhlak sehingga sudah tidak lagi mempedulikan ajaran agama.
d. Dajal-dajal (setan berbentuk manusia) yang akan menyesatkan manusia bermunculan. Contohnya, orang yang mendukung kemaksiatan dan kemungkaran dengan alas an yang dibuat-buat.
e. Orang yang tidak mau lagi membayar zakat dan tidak menyantuni anak yatim.
Uraian tersebut merupakan tanda-tanda akan datangnya hari kiamat. Apabila tanda-tanda tersebut sudah ada, berarti hari kiamat sudah dekat. Sebagai seorang muslim, kita harus menghadapi datangnya hari kiamat dengan iman dan takwa. Kita harus giat beribadah, dan bekerja untuk kehidupan dunia akhirat.
Previous
Next Post »
0 Komentar