Madinah Al Munawarah

22.25
Madinah Al Munawarah

Persaudaraan muslim di Madinah terjalin semakin kokoh, Islam terus berkembang di Madinah, bahkan sebelum peristiwa hijrah terjadi telah ada sebagian penduduk Madinah yang menganut Islam. Ada sebagian utusan yang sengaja diutus untuk menyebarkan ajaran Islam dan ada yang melalui jalur perdagangan.
Di Madinah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya menyabarkan ajaran Islam. Tidak lama setelah tiba di Madinah Nabi membangun sebuah masjid yang bernama masjid Nabawi.

Perjanjian kerukunan umat disepakati oleh kaum Muslim dan Yahudi. Dengan kehidupan rukun dan damai membawa berkah bagi masyarakat Madinah. Madinah menjadi wilayah yang maju, damai, dan sejahtera. Dalam kondisi aman dan sejahtera itulah kemudian muncul nama Madinah al Munawarah yang artinya Madinah yang bercahaya.
Perjuangan kaum Muslim Muhajirin dan Ansar inilah membawa kesejahteraan bagi kota Madinah. Berbagai bidang kehidupan mengalami perkembangan. Keberagaman masyarakat tidak menjadi penghalang terciptanya perdamaian di kota Madinah. Bidang-bidang kehidupan yang mengalami perkembangan di antaranya sebagai berikut.
1. Agama
Hadirnya Rasulullah SAW seorang yang memiliki akhlak mulia telah menarik hati kaum non-muslim untuk masuk pada agama Islam. Dari hari-kehari pemeluk Islam di Madinah semakin bertambah.
2. Pendidikan
Pendidikan di Madinah mengalami perkembangan yang pesat. System pendidikan halakah(kelompok) mulai lahir di beberapa tempat. Beberapa ilmu semakin giat dikembangkan tidak hanya ilmu agama, teteapi ilmu-ilmu umum juga mulai berkembang.
3. Perekonomian
Kondisi masyarakat Madinah yang aman turut mendukung majunya tingkat kesejahteraan masyarakat.
4. Hukum dan Keamanan
Toleransi antar umat merupakan factor utama yang mendukung terciptanya masyarakat Madinah yang damai. Dalam sejarah Madinah menjadi contoh Negara kecil yang damai dan sejahtera.
Previous
Next Post »
0 Komentar